Ratusan Taruna Akmil Sandang Brevet Paramuka Yudha


SIBERONE.COM - Gubernur Akademi Militer (Akmil) Mayjen TNI Legowo W.R. Jatmiko, S.I.P., M.M. menyematkan Brevet Pramuka Yudha kepada 424 Taruna Akmil Tingkat II/Sertar yang telah selesai mengikuti berbagai materi, taktik, dan teknik pertempuran selama satu pekan lamanya dengan tahapan terakhir Latihan Pramuka Yudha di pantai Jodo Gringsing, Kabupaten Batang, Senin (28/3/2022). 

Sebelumnya diawali kegiatan Bakti Sosial (Baksos) dengan membagikan 1.250 paket sembako, pengobatan gratis bagi 500 warga masyarakat Desa Sidorejo dan sekitarnya kemudian melaksanaan kegiatan khitanan massal jumlah 20 anak, saat Taruna Akmil melaksanakan Hanmars memasuki etape terakhir bertempat di Pendopo Desa Sidorejo, Kecamatan Gringsing, Kabupaten Batang. 

Kemudian dilanjutkan acara penutupan dan penyematan Brevet Pramuka Yudha bagi Taruna Akmil di Pantai Jodo, yang dihadiri oleh Gubernur Akmil Mayjen TNI Legowo W.R. Jatmiko, S.I.P., M.M. beserta Ibu Nonny Legowo, Bupati Batang H. Wihaji, S.Ag., M.Pd, Wakil Gubernur Akmil Brigjen TNI Erwin Djatniko, S.Sos. dan para Pejabat Distribusi Akmil, Dandim, Kapolres batang serta para Pengurus Persit Kartika Chandra Kirana PCBS Akmil.
Dalam amanat Gubernur Akmil saat kegiatan tersebut menyampaikan, ”mulai tanggal 21 sampai dengan 28 Maret 2022 hari ini, para Taruna telah mengikuti Latihan Pramuka Yudha, dengan berbagai materi, teknik dan taktik pertempuran yang dihadapkan pada berbagai kesulitan dan tantangan alam serta medan yang bervariasi”.
“Meskipun latihan tahun ini dilaksanakan dalam situasi cuaca yang sulit diprediksi, bahkan cenderung ekstrem, namun beliau bangga Taruna tetap memiliki motivasi tinggi dalam pelaksanaan latihan dan tetap mampu mengaplikasikan materi yang telah diperoleh, baik tingkat perorangan, kelompok maupun tingkat regu," tegasnya.

Lebih lanjut Ia mengingatkan bahwa, ”latihan Pramuka Yudha yang telah diikuti merupakan  materi mutlak yang harus dikuasai sebagai bekal bagi seorang perwira dengan jabatan komandan setingkat peleton di lingkungan satuan TNI Angkatan Darat. Untuk dapat memimpin satuan setingkat peleton dan harus menguasai pengetahuan tentang tugas-tugas satuan di bawahnya, dari tingkat Komandan Regu (Danru) sampai dengan Penembak Senapan, sehingga sebagai seorang Danton di satuan kelak, Taruna dapat dijadikan sebagai guru, narasumber dan tempat bertanya bagi anak buah”. 

“Selamat” kepada para Taruna yang telah berhasil melaksanakan latihan dan memperoleh serta menyandang Brevet Pramuka Yudha. (*)


[Ikuti Siberone.com Melalui Sosial Media]



Tulis Komentar