Meskipun Libur, Babinsa Koramil 02/TM dan Warga Laksanakan Patroli dan Sosialisasi Karhutla


SIBERONE.COM - Upaya mencegah terjadinya kebakaran hutan dan lahan (Karhutla) walupun di hari libur tidak menyulutkan semangat Personil Babinsa Koramil 02/Tanah Merah melaksanakan patroli dan sosialisasi ke masyarakat.

 

Kegiatan patroli Karhutla bersama  tersebut menyasar di di daerah Desa Sungai Rukam kecamatan Enok kabupaten Indragiri Hilir, Minggu (27/02/2022) sekitar pukul 09:00 Wib.

 

Saat dikonfirmasi awak media Sertu Oki Sandra mengatakan bahwa kegiatan patroli Karhutla dilakukan secara rutin, sehingga dapat memantau langsung daerah yang sering terjadi kebakaran.

 

"Kita selalu melakukan kegiatan patroli Karhutla, dan walupun hari libur namun sebagai aparat negara, dapat memastikan tidak ada ditemukan kabarkan yang dapat menimbulkan bencana kabut asap," kata Serda Oki Sandra.


Dengan dilaksanakan kegiatan patroli Karhutla dilakukan secara rutin, mampu juga mendeteksi dini terhadap kebakaran lahan-lahan pertanian masyarakat.


Selain kegiatan patroli Serda Oki Sandra  itu juga dia memberikan sosialisasi kepada masyarakat tentang bahaya membakar lahan dengan cara membakar.

 

"Kadang masyarakat, saat membersihkan lahan-lahan mereka, bisa dibakar, itu yang kita berikan sosialisasi, bahaya melakukan membakar. Pemerintah sudah memberikan undang-undangnya soal membakar, jadi siapa yang sengaja membuka lahan dengan cara membakar ada sanksi dan dapat dipenjarakan, nah itu yang kita tidak inginkan terjadi, dengan itu kita memberikan sosialisasi kepada masyarakat," tandasnya.

 

Terakhir dikatakan Serda OKI Sandra, dalam pelaksanaan patroli dan sosialisasi Karhutla di desa Sungai Rukam Kecamatan Enok, tidak ditemukan titik hotspot dan hasilnya nihil.

 

"Mudah-mudahan lah dengan diberikan sosialisasi dan rutin patroli Karhutla masyarakat akan mengindahkan aturan pemerintah mengenai membakar lahan, dengan itu kita saat memasuki musim kemarau, tidak ditemukan titik api dan asap untuk kedepannya," tutupnya.


[Ikuti Siberone.com Melalui Sosial Media]



Tulis Komentar