Babinsa Koramil 06/KTM Gelar Patroli dan Sosialisasi Karhutla di Desa Sinar Bone


SIBERONE.COM -  Dengan penuh semangat Bintara Pembina Desa (Babinsa) Komando Rayon Militer (Koramil) 06/Kateman jajaran Kodim 0314/Inhil untuk melakukan patroli antisipasi terhadap kebakaran hutan dan lahan (Karhutla) di daerah binaannya.


Kegiatan patroli Karhutla tersebut dilaksanakan bersama 3 masyarakat peduli api (MPA) di daerah desa desa Sinar Bone Kacamatan Kateman kabupaten Indragiri Hilir, Jum'at (25/3/2022) sekitar pukul 10:00 wib.

 

Saat dikonfirmasi awak media Babinsa Koramil 06/Kateman Praka ferry Sinaga, mengatakan kegiatan patroli Karhutla dilakukan untuk memastikan tidak adanya kabarkan lahan masyarakat.


"Kita lakukan patroli untuk mencegah Karhutla. Kita turun ke lapangan untuk memastikan tidak ada aktifitas pembakaran lahan. Selama patroli turut dilakukan sosialisasi kepada warga agar tidak membuka lahan dengan cara dibakar," kata Praka ferry Sinaga.


"Kami terus meningkatkan pencegahan katlahut dengan meningkatkan patroli pengawasan dan sosialisasi tentang larangan membakar lahan kepada masyarakat. Pencegahan lebih baik kami lakukan jika terjadi karhutla akan sangat besar anggaran dan tenaga yang dikeluarkan," jelas Babinsa.

 
Lebih lanjut Babinsa berharap kepada masyarakat untuk tidak melakukan pembakaran saat membuka lahan garapan. Karena tanpa dukungan dan kepedulian masyarakat akan sulit untuk mencegah karhutla.

 
Kepada masyarakat dirinya ucapkan terima kasih karena tahun ini diwilayah Desa binaan masih terbebas dari ancaman Karhutla. "Semoga ini bisa kita jaga bersama dengan terus meningkatkan antisipasi karlahut. Jadi mari tetap jaga dan lebih tingkatkan rasa kepedulian kita untuk mencegah Karlahut," tandasnya.
 

Praka ferry Sinaga, meminta kepada warga agar melaporkan kepada pihak berwenang apabila melihat adanya aktifitas pembakaran lahan.

 
"Jika melihat adanya aktifitas pembakaran lahan agar segera dilaporkan. Kita ingin mencegah kerusakan lingkungan yang lebih besar," tutup Praka ferry Sinaga.


[Ikuti Siberone.com Melalui Sosial Media]



Tulis Komentar