Cegah Dini Karhutla, Serda Agusmi Babinsa Koramil 02/TM Rutin Patroli dan Sosialisasi ke Wilayah Rawan


 

SIBERONE.COM - Berbagai upaya terus dilakukan oleh personil Babinsa Koramil 02/Tanah Merah, antisipasi terhadap kebakaran hutan dan lahan (Karhutla) diwilayahnya desa binaan.


Seperti yang dilakukan oleh Babinsa Koramil 02/Tanah Merah jajaran Kodim 0314/Inhil Serda Agusmi Harianto melaksanakan kegiatan patroli Karhutla di Desa Tekulai Bugis kecamatan Tanah Merah kabupaten Indragiri Hilir, Sabtu (12/3/2022) pagi.


"Hari ini bersama 3 masyarakat peduli api (MPA) untuk melaksanakan kegiatan patroli Karhutla di daerah rawan yang sering terjadinya kebakaran lahan warga," ujar Serda Agusmi Harianto saat dikonfirmasi awak media.


Untuk memastikan tidak adanya Karhutla, Babinsa memantau langsung perkembangan wilayah binaan sehingga dapat melaporkan keadaan wilayah kepada komandan Koramil.


Dikatakan Serda Agusmi, dengan adanya kegiatan patroli Karhutla mampu untuk mencegah dini terjadinya kebakaran dan tidak meluas kebakaran tersebut.


"Dengan adanya kita laksanakan patroli rutin ini, yang jelas kita langsung tau wilayah yang rawan terjadinya kebakaran, dan dapat mencegah dini meluas terjadinya kebakaran," jelasnya.


Selian itu Serda Agusmi Harianto, juga melaksanakan sosialisasi tentang Karhutla kepada masyarakat saat ditemui di lokasi patroli.


"Kita sambil patroli kita juga sosialisasikan kepada warga pemilik kebun, saat membersihkan lahan-lahan  pekebun mereka tidak dilakukan dengan cara membakar, karena itu dapat mengakibatkan bencana kabut asap," imbuhnya.


Kendati demikian Serda Agusmi berharap kepada masyarakat agar tidak melakukan tindakan saat membuka lahan pertanian dengan cara membakar. Karena itu sudah ada larangan dari pemerintah dan kalau tidak diindahkan ada pidananya.


"Ya kita sebagai prajurit TNI untuk memberikan informasi kepada masyarakat, semoga dengan adanya sosialisasi ini mereka mau paham dan mengerti sehingga tidak ada kasus Karhutla di desa binaan saya," harapnya.


Terakhir dikatakan Serda Agusmi Harianto, dalam pelaksanaan kegiatan patroli dan sosialisasi Karhutla di desa binaannya, tidak ada ditemukan titik api dan asap hasilnya nihil.


"Alhamdulillah saya bersama masyarakat peduli api dalam pelaksanaan rutin untuk mencegah dini terjadinya kebakaran hutan dan lahan masyarakat tidak ada kita temukan titik Hotspot. Saya juga mengucapkan terimakasih kepada masyarakat yang ikut berpartisipasi dalam hal ini, karena ini juga sebagai pelaporan saya ke komandan Koramil 02/Tanah Merah," tutupnya.


[Ikuti Siberone.com Melalui Sosial Media]



Tulis Komentar