Latpurkota Resmi Dibuka, Prajurit Yonif 407/PK Siap Gempur Musuh di Tegal


SIBERONE.COM - Latihan Pertempuran Kota (Purkota) satuan Yonif 407/PK resmi dibuka. Mewakili Komandan Rindam IV/Diponegoro Kolonel Inf Mochamad arief Hidayat, Kabalat Rindam IV/Dip selaku Koordinator umum latihan Kolonel Inf Marwan Supriyanto, S.Sos., resmi membuka latihan pertempuran kota (Latpurkota) di Lapangan Mako Yonif 407/PK, Jumat (11/03/2022).

Dalam kesempatan tersebut, Kolonel Inf Marwan Supriyanto, S.Sos membacakan amanat Komandan Rindam IV/Diponegoro. Disampaikan, bahwa Latpurkota ini merupakan perintah langsung Pangdam IV/Dip yang harus dilaksanakan dengan penuh kesadaran, iklas dan penuh semangat agar nantinya hasil latihan dapat sesuai dengan harapan pimpinan. Kegiatan ini merupakan latihan non program, jadi perlu disadari oleh para peserta latihan.

“Adapun sebagai pertimbangan pimpinan dalam pelaksanaan Latpurkota adalah bahwa perspektif pertempuran dimasa yang akan datang diprediksi akan terjadi di perkotaan dimana musuh atau lawan akan mengusai objek objek vital, kantor-kantor pemerintahan dan instalasi energi, baik itu bersifat OMP seperti yang terjadi perang teluk (perang konvensional terakhir) maupun OMSP seperti yang terjadi beberapa negara Afrika, sedangkan perang hutan dan gunung masih tetap akan kita laksanakan,” tegasnya.

Lebih lanjut disampaikan, dalam pelaksanaan latihan Pertempuran Kota ini agar dimanfaatkan sebaik-baiknya sebagai sarana untuk meningkatkan kemampuan tempur satuan jajaran Kodam IV/Diponegoro khususnya bagi Yonif 407/PK dan perkuatannya dalam pertempuran kota sesuai tujuan yang akan dicapai seperti keterampilan perorangan maupun kerjasama tim.

Diharapkan, seluruh prajurit mampu menggunakan perlindungan yang ada pada teknik bergerak dari satu tempat ke tempat lain atau dari bangunan ke bangunan lainnya maupun pada saat aksi di sasaran. Untuk memudahkan pengendalian anggotanya agar komunikasi dalam regu dilengkapi dengan HT. Pada saat menduduki suatu tempat diharapkan pasukan selalu melaksanakan tindakan taktis, disiplin dan naluri tempur harus tetap dilaksanakan.

Komandan Rindam IV/Diponegoro berpesan, karena dalam pelaksanaan latihan ini menggunakan fasilitas milik umum, gedung instansi swasta maupun pemerintahan diharapkan tetap dijaga jangan sampai merusak fasilitas tersebut. Jaga nama baik satuan dan Kodam IV/Diponegoro selama pelaksanaan Latpurkota, jangan sampai merugikan dan menyakiti hati masyarakat di daerah latihan.

“Tetap menjaga protokol kesehatan Covid-19 karena wilayah kita sedang menghadapi pandemi Covid-19 gelombang ke tiga. Laksanakan latihan pertempuran kota penuh dengan semangat,” begitu pungkasnya. (HS)


[Ikuti Siberone.com Melalui Sosial Media]



Tulis Komentar