Babinsa Koramil 06/KTM Kopda Al Alim Bersama MPA Patroli dan Sosialisasi Karhutla di Daerah Rawan


SIBERONE.COM - Bintara Pembina Desa (Babinsa) desa Hibrida Mulya dan Sumber Jaya, Koramil 06/Kateman jajaran Kodim 0314/Inhil kopda Al Alim melaksanakan kegiatan patroli dan sosialisasi Karhutla, di desa binaan  kecamatan Teluk Belengkong kabupaten Indragiri Hilir. Pada Sabtu (5/3/2022) pukul 09:00 WIB.


Dikatakan kopda Al Alim, pelaksanaan kegiatan patroli Karhutla bersama3
3 masyarakat peduli api (MPA) dilakukan secara rutin agar tidak terjadi kebakaran lahan-lahan pertanian masyarakat.


Babinsa Koramil 06 Kateman terus menerus melakukan kegiatan patroli Karhutla, sehingga dapat mencegah terjadinya kebakaran hutan dan lahan.


"Iya kita selain melaksanakan kegiatan rutin patroli Karhutla. Kita juga sosialisasikan kepada masyarakat akan bahaya api saat di musim kemarau, karena itu dapat mengakibatkan terjadinya kebakaran lahan masyarakat dan hutan yang ada," jelasnya.


Lebih lanjut dikatakan Babinsa, untuk mensiasati agar tidak terjadi kebakaran, Babinsa mematok wilayah yang sering terjadi kebakaran lahan.


"Iya kita sudah memetakan wilayah yang rawan terjadinya kebakaran, jadi kita kasih titik-titik zonanya," tandasnya.

Menurut Babinsa Koramil 06 Kateman kopda Al Alim, tanpa ada rasa kebersamaan dan kekompakan warga, kegiatan yang dilaksanakan akan sia-sia, karena itu menurutnya kesadaran masyarakat harus diingatkan bahaya membakar lahan dapat mencemari udara.

Kadang masyarakat banyak yang terbawa kebiasaan lama, setelah membersihkan kebun, ada kesempatan langsung di bakar, tanpa memikirkan dampak dan akibatnya.


"Jadi dengan sosialisasi yang diberikan. Semoga mampu memberikan pemahaman kepada masyarakat, bahwa sangat banyak kerugian dengan membakar lahan pertanian," tutupnya.


[Ikuti Siberone.com Melalui Sosial Media]



Tulis Komentar