Antisipasi Banjir, Babinsa Gotong Royong Bersihkan Selokan


SIBERONE.COM - Dalam rangka mengantisipasi terjadinya banjir di musim penghujan awal tahun ini, masyarakat bersama Babinsa  Koramil 10/Batang melakukan gotong royong membersihkan selokan air di Rt 03 Rw 08 Kadilangu Kelurahan Kauman Kecamatan Batang Kabupaten Batang, Sabtu (15/1/2022) pagi.

Babinsa Serda R. Susanto bersama warga setempat bahu membahu membersihkan saluran air, tumpukan sampah hingga lumpur yang berada didalam selokan dibersihkan dengan mengunakan cangkul dan alat seadanya guna mengantisipasi tersumbatnya selokan air karena sampah. 

Serda Susanto mengatakan bahwa selain saluran air, sejumlah titik yang menjadi perhatian di antaranya memotong dahan yang kiranya membahayakan, membersihkan sampah dan rumput liar di sepanjang saluran air.

Karya bakti kali ini dilakukan karena sudah banyak terlihat tumpukan tanah dan sisa sisa material di selokan, dikhawatirkan akan terjadi penyumbatan pada selokan yang bisa menyebabkan banjir, apalagi awal tahun ini intensitas terjadinya hujan yang disertai angin kencang sangat tinggi, hampir setiap hari turun hujan," ujar Susanto.

Susanto juga memberi imbauan agar para warga waspada dengan perubahan cuaca yang bisa berubah setiap saat, kurangi bepergian yang kurang penting saat cuaca hujan dan jangan lupa tetap jaga kebersihan serta jangan membuang sampah disungai yang bisa mengakibatkan selokan tersumbat dan dapat menyebabkan banjir.

Selain dapat mengakibatkan banjir, apabila selokan tersumbat juga dapat menjadi sarang nyamuk untuk berkembang biak sehingga menimbulkan berbagai macam penyakit seperti demam berdarah," bebernya.

Dengan adanya kerja bakti ini saya harapkan, kesadaran masyarakat untuk menjaga kebersihan saluran air dan lingkungan akan meningkat, sayangi diri dan keluarga kita," tandas Susanto. (*)


[Ikuti Siberone.com Melalui Sosial Media]



Tulis Komentar