Pangdam IV/Diponegoro Pimpin Upacara Hari Infanteri ke-73


SIBERONE.COM - Pangdam IV/Diponegoro Mayjen TNI Rudianto memimpin upacara Hari Infanteri ke-73 Tahun 2021. Upacara dilaksanakan di Lapangan upacara Parade Kodam IV/Diponegoro, Senin (20/12/2021).

Upacara Peringatan Hari Infanteri ke-73 mengambil tema “Infanteri yang Solid, Visioner dan Profesional”. Upacara tersebut dihadiri oleh Kapolda Jateng, Irdam IV/Diponegoro, Kapoksahli, para Asisten, Kabalak serta para Dansat.

Komandan Pusat Kesenjataan Infanteri (Danpussenif) dalam amanatnya yang dibacakan oleh Pangdam IV/Diponegoro menyampaikan bahwa salah satu dokumen penting tentang sejarah masa lalu Infanteri yaitu momentum saat menghadapi agresi militer Belanda ke II tanggal 19 Desember 1948. Dengan keluarnya perintah kilat Panglima Besar Jenderal Sudirman No.: 1/PB/D/1948 dalam menjalankan perintah siasat Nomor 1/1948 tanggal 12 Juni 1948 untuk melaksanakan siasat pertempuran. 

“Yaitu perang rakyat semesta melawan musuh dengan menggunakan taktik dan strategi Prajurit Infanteri. Melalui aksi wingate (infiltrasi) Long March dan membentuk Wehrkreise (kantong-kantong kekuatan) sebagai titik-titik kuat pertemuan gerilya,” sambut Danpussenif disampaikan Pangdam.

Adapun tema Hari Infanteri ke-73 yaitu “Infanteri yang solid, visioner dan profesional”, mencerminkan satu kesatuan yang bersatu padu, memiliki jiwa korsa yang kuat dan dinamis. Memiliki kemampuan untuk menjadikan satuannya lebih baik, memiliki visi yang jauh ke depan.

“Sehingga dapat memprediksi tantangan yang akan dihadapi dan menentukan solusi antisipasi jauh sebelum tantangan tersebut menjadi nyata. Serta memiliki profesionalisme keprajuritan yang dapat diandalkan. Prajurit Infanteri yang memiliki kemampuan dan kemauan bertempur yang tinggi sesuai bidang profesinya sebagai alat tempur,” pungkas amanat Danpussenif. (*)


[Ikuti Siberone.com Melalui Sosial Media]



Tulis Komentar