IGA Award 2021 Masuk Dalam Penilaian, Bupati HM. Wardan Presentasi Inovasi Inhil

Dokumentasi Prokopim Setda Inhil

SIBERONE.COM - Kabupaten Indragiri Hilir (Inhil) pada tahun 2021 ini menjadi nominator ajang Innovation Government Award (IGA) yang digelar oleh Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri). Bupati Drs. HM. Wardan berkesempatan memberikan pemaparan tentang berbagai inovasi yang dilakukan oleh daerah di hadapan dewan penilai, Selasa siang (23/11/2021) di Aula Rapat Kantor Bappeda Tembilahan.  

Di antara 68 karya Inovasi yang diikutkan, ada delapan ( 8 ) inovasi yang menjadi Unggulan yang diajukan oleh Kabupaten Indragiri Hilir pada Presentasi ini.

Paparan oleh Bupati HM. Wardan dilakukan secara Virtual di hadapan dewan penilai yang berasal dari unsur Kemendagri, Kementerian Keuangan, Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Kemenpan-RB), Kementerian Riset dan Teknologi, Bappenas, LAN, dan LIPI.

Dalam paparanya Bupati HM. Wardan mengatakan, Kabupaten Indragiri Hilir merupakan daerah pasang surut yang berada disekitar aliran sungai, jarak antara Desa, Kecamatan dan ke Ibu Kota kabupaten yang cukup jauh dan terpisah oleh sungai serta pulau-pulau sehingga masih banyak daerah yang hanya bisa ditempuh dengan transportasi air.

Lebih lanjut dikatakan Bupati, sebagian besar wilayah kabupaten Indragiri Hilir merupakan kabupaten dataran rendah dengan tanah gambut, dengan luas lahan gambut 1.181.332 hektar, memiliki potensi kerawanan terbesar kebakaran hutan dan lahan gambut, sehingga perlu dilakukan upaya yang inovatif untuk mencegah terjadinya bencana kebakaran.

"Untuk memanfaatkan peluang dan menghadapi tantangan dari karakteristik tersebut, pemerintah kabupaten Indragiri Hilir membuat terobosan-terobosan yang inofatif dalam meningkatkan kesejahtraan dan ketentraman masyarakat, peningkatan efesiensi dan efektifitas pelayanan publik, pemerataan pembangunan serta pengembangan potensi daerah dan peningkatan pendapatan daerah", ujar HM. Wardan.

Bupati HM. Wardan kemudian memaparkan sejumlah Inovasi yang dilakukan Pemkab Inhil. Misalnya, dibidang pelayanan publik, Inhil telah mengembangkan Nasi Uduk Inhil (Sederhana Sekali Urus Administrasi Kependudukan Di Kabupaten Indragiri Hilir).

"Sejak januari 2020, pengurusan administrasi kependudukan cukup dilakukan dikantor desa dan kelurahan, segala persyaratan akan dikirim oleh operator desa/kelurahan ke operator disdukcapil di Tembilahan dengan memanfaatkan layanan Whatsapp nasi uduk Inhil",jelas Bupati.

Lebih lanjut dikatakan Bupati, pada sektor kesehatan ada program jemput bola yang diberi nama "Inovasi Teman Sehati" ( Kecamatan Tanah Merah Menjemput Pelayanan Kesehatan Daerah Pesisir-Stunting) yang merupakan bagian dari gerakan satu hati di kabupaten Indragiri Hilir.

"Pada tahun 2020, Camat Tanah Merah membentuk tim koordinasi yang beranggotakan unsur pimpinan kecamatan, kepala Puskesmas, tokoh masyarakat serta pemerintah desa dan kelurahan dalam rangka peningkatan pelayanan kesehatan jemput bola, mendirikan pos stunting di ibu kota kecamatan dan desa serta kelurahan dan menyediakan kontak layanan online berupa kontak telepon dan whatsapp", terang Bupati.

Selanjutnya dikatakan HM. Wardan, ada juga Inovasi Lapor URC saja (Layanan Pengaduan Online Rakyat Unit Reaksi Cepat Satuan Polisi Pamong Praja) kabupaten Indragiri Hilir, "sehingga menurun nya angka pelanggaran kamtibnas dikarenakan URC Satpol PP selalu melakukan patroli dan pembinaan dalam penegakan Perda", ungkap Bupati.

Bupati HM. Wardan dalam wawancaranya menyampaikan, Keberhasilan ini merupakan upaya dan usaha oleh masing- masing OPD dengan dorongan dari pimpinan, secara maksimal kita memantau dan menegaskan kepada Dinas, Instansi, Kecamatan, yang membuat Inovasi.

"Alhamdulillah kita masuk 12 besar se-Indonesia dari 415 Kabupaten yang ada di Indonesia, yang sama-sama berjuang untuk mendapatkan nilai", kata Bupati.

Bupati berharap hasil dari penilaian ini baik, sehingga akan mendapatkan dana insentif daerah bagi Kabupaten-kabupaten yang memiliki Inovasi.

"Mudah-mudahan dengan perjuangan ini dan Doa kita bersama, kita akan mendapatkan nilai yang terbaik dan mendapatkan dana dari Kementrian Dalam Negeri, berupa Insenif daerah", ujar Bupati.

Bupati juga berharap agar masing-masing OPD agar meningkatkan dan mengembangkan berbagai inovasi-inovasi, "agar potensi kabupaten Indragiri Hilir yang luar biasa ini dapat kita maksimalkan dan kembangkan untuk kesejahtraan masyarakat kita", tutup Bupati 

Turut hadi pada kesempatan tersebut, Sekretaris Daerah Drs H. Afrizal MP, Kepala OPD, para Camat dan Pejabat eselon di lingkup Kabupaten Indragiri Hilir.


[Ikuti Siberone.com Melalui Sosial Media]



Tulis Komentar