Bupati Inhil HM Wardan Membuka STQ Kecamatan Tembilahan di Mesjid Besar Darul Hikmah

Dok Humas Pemda Inhil

SIBERONE.COM - Bupati Indragiri Hilir (Inhil) Drs HM Wardan, MP menghadiri sekaligus membuka pelaksanaan Seleksi Tilawatil Qur'an (STQ) ke 3 Kecamatan Tembilahan 2021, bertempat di Mesjid Besar Darul Hikmah kelurahan Tembilahan Kota. Jalan Baharuddin Yusuf, Jum'at (8/10/2021) malam.


Acara yang diawali dengan pembacaan Ayat-Ayat Suci Al-Qur'an oleh Ustadz Helmy tersebut juga turut dihadiri Dandim 0314/Inhil diwakili Danramil 01, Kepala Kantor Kemenag, bebrapa Kepala OPD di Lingkungan Pemkab Inhil, Camat dan Lurah Kecamatan Tembilahan, Dewan Hakim, Tokoh Agama, Qori dan Qori'ah serta Hafizh dan Hafizhah. 


Dalam sambutannya, Camat Tembilahan Lukman Hakim menyampaikan, kegiatan yang dilaksanakan mulai tanggal 8-10 Oktober 2021 ini diikuti sebanyak 94 Orang peserta terdiri dari cabang seni baca Al-Qur'an dan cabang Hifzhil Al-Qur'an. 


"Adapun tujuan dilaksanakannya kegiatan ini adalah untuk mengagung nilai-nilai Al-Qur'an dan untuk memotivasi Umat Islam secara umum dan generasi muda secara khusus agar terus mempelajari, menghafal, dan menggali nilai-nilai Al-Qur'an," tambahnya.


Lukman Hakim, juga mengatakan bahwa dalam pelaksanaan STQ tersebut diselenggarakan di Mesjid Besar Darul Hikmah dan mesjid YAMP Tembilahan Hilir.


Senada itu, Bupati Inhil HM Wardan mengatakan bahwa pelaksanaan STQ di kecamatan Tembilahan merupakan yang ke 6 (enam) kecamatan dari 12 kecamatan. Yang sudah melaksanakan.


"Iya kemaren kita melaksanakan STQ di kecamatan Mandah dan malam ini kita melaksanakan di kecamatan Tembilahan. Atas nama pemerintah daerah saya Bupati Inhil mengungkapkan rasa bangga dengan atas penyelenggaraan kegiatan STQ di kecamatan Tembilahan," ucapnya.


Bupati juga mengungkapkan. Atas surat edaran dari gubernur provinsi Riau H Syamsuar untuk melaksanakan MTQ tingkat provinsi tidak diadakan. Dikarenakan kesiapan kabupaten Pelalawan mengingat bahwa kab. Pelalawan baru saja pemilihan kepala daerah. 


"Jadi gubernur provinsi Riau memberikan surat edaran tidak melaksanakan MTQ 2021, tetapi kita (Inhil) akan melaksanakan MTQ walaupun MTQ provinsi Riau tidak ada
bagaimana dengan Kabupaten Indragiri Hilir, insyaallah akhir bulan ini (Oktober) dan saya juga menyampaikan kepada Lembaga Pengembangan Tilawatil Qur'an (LPTQ) kabupaten Indragiri Hilir agar mempersiapkan cabang perlombaan, ya menimal 2 atau 3 yang kita lombakan," ungkap Bupati. 


Dikatakan Bupati, tujuan diselenggarakannya STQ di tingkat kecamatan merupakan untuk mendapatkan utusan Qori-qoriah serta Hafizh dan Hafizh yang terbaik untuk menghadapi MTQ tingkat kabupaten Indragiri Hilir di kecamatan Tembilahan pada bulan November 2021.


"Dengan adanya seleksi ini, saya berharap seluruh kecamatan di kabupaten Indragiri Hilir, mampu mengirimkan Qori-qoriah serta Hafizh dan Hafizah untuk mengikuti perlombaan MTQ tingkat kabupaten. Mudah-mudahan hasil diri STQ mendapatkan hasil yang terbaik," cetusnya.


Disamping itu juga bupati Inhil mengungkapkan, penyelenggara apakah itu musabaqah Tilawatil Quran seleksi Tilawatil Quran ini merupakan salah satu program pemerintah Kabupaten Indragiri Hilir, untuk mengagungkan nilai-nilai Al-Qur'an untuk memotivasi Umat Islam secara umum dan generasi muda secara khusus, agar terus mempelajari, menghafal dan menggali nilai-nilai Al-Qur'an.


"Semoga kabupaten Indragiri Hilir, dengan program-program meningkatkan satu desa satu pondok Tahfiz kedepannya terus bisa mencetak bibit unggul dalam Tilawatil Quran ke kancah provinsi dan di Nasional," imbuhnya.


Kendati demikian juga. Bupati berharap dalam pelaksanaan STQ maupun MTQ Kedepannya dengan menerapkan protokol kesehatan Ketat, dengan anjuran pemerintah 5 M.


"Ya walaupun kita (Inhil) kondisi COVID-19 sudah agak landai, tetapi kita juga harus selalu menerapkan Protokol Kesehatan anjuran pemerintah dengan cara 5 M memakai masker, mencuci tangan dengan sabun, menjaga jarak, hindari kerumunan serta membatasi mobilitas," tutupnya.

 


[Ikuti Siberone.com Melalui Sosial Media]



Tulis Komentar