Jelang HUT Batalyon, Satgas Pamtas Yonif 403/WP Berikan Wawasan Kebangsaan dan Melatih PBB Siswa-Siswi SMP Negeri 1 Web di Daerah Perbatasan RI-PNG


SIBERONE.COM – Dalam rangka menjelang Hari Ulang Tahun Yonif 403/Wirasada Pratista agar dapat meningkatkan rasa nasionalisme para pelajar, Personil Poskoki Ubrub Satgas Pamtas Yonif 403/Wirasada Pratista memberikan pengetahuan dasar tentang wawasan kebangsaan dan melatih keterampilan Peraturan Baris Berbaris para pelajar SMP N 1 Web di  Kampung Umuaf, Distrik Web, Kabupaten Keerom, Papua. 

Hal tersebut disampaikan Dansatgas Pamtas Yonif 403/Wirasada Pratista Letkol Inf Ade Pribadi Siiregar, S.E., M.Si., dalam rilis tertulisnya di Kabupaten Keerom, Papua. Rabu, (28/07/2021).

Dansatgas mengungkapkan bahwa kegiatan ini merupakan salah satu cara untuk meningkatkan nasionalisme sekaligus rasa patriotisme generasi penerus bangsa, hal ini juga untuk menambah pengetahuan para pelajar tentang wawasan kebangsaan, selanjutnya latihan PBB dilaksanakan untuk menopang kegiatan rutin upacara bendera di sekolahan dan memberikan gambaran akan pentingnya Bhineka Tunggal Ika sejak di bangku sekolah serta untuk mengenang kembali perjuangan para pahlawan dalam mempertahankan kemerdekaan.

“Melalui kegiatan ini diharapkan anak-anak mampu memperaktikannya dimanapun berada dan di sekolah untuk menopang kegiatan rutinitas setiap hari senin yaitu Upacara bendera Merah Putih yang juga merupakan salah satu upaya dalam menumbuhkan budi pekerti dan karakter bangsa kepada anak-anak usia sekolah,” ungkap Dansatgas.

Ditempat Terpisah, Dankipur II Poskoki Ubrub Satgas Pamtas Yonif 403/Wirasada Pratista Lettu Inf Fatkhur Greha W, S.T.Han mengatakan bahwa kepada para pelajar selain kegiatan pemberian materi wawasan kebangsaan juga dilatihkan materi PBB yang meliputi cara berkumpul dan membentuk barisan, gerakan PBB ditempat, gerakan PBB berpindah tempat serta cara penghormatan. Kemudian petugas yang ditunjuk sebagai Danru (Komandan Regu) barisan dilatih secara lebih khusus dan lebih ekstra, sehingga dapat memberikan pola latihan dengan metode dipimpin dan memimpin serta nantinya dapat mendukung pelaksanaan pengibaran bendera yang merupakan kegiatan inti dari upacara rutin yang dilaksanakan di sekolahan sehingga dapat berjalan dengan baik. 

“Selain pemberian materi wawasan kebangsaan, latihan baris berbaris yang dilaksanakan ini juga untuk mendukung kegiatan Pengibaran Bendera Merah Putih yang merupakan kegiatan inti dalam pelaksanaan upacara bendera yang rutin dilaksanakan di sekolahan, kegiatan tersebut ditujukan selain untuk membentuk kedisiplinan juga untuk menumbuhkan karakter gotong royong dan kebersamaan para pelajar,” kata Fatkhur.

“Dengan memberikan materi wawasan kebangsaan dan latihan PBB ini diharapkan nantinya anak-anak selain dapat melaksanakan upacara secara khidmat, para pelajar diharapkan mampu meneladani jiwa patriotisme para pejuang, yang nantinya akan berdampak pada tumbuhnya kecintaan terhadap bangsa dan negara,” tutup Fathur. (*)


[Ikuti Siberone.com Melalui Sosial Media]



Tulis Komentar