Komisi IV DPRD Inhil Desak Pemda Segera Carikan Solusi Buat Masyarakat Berobat Tapi Tidak Punya BPJS 

Wakil ketua komisi 4 DPRD Inhil, Padli H Sofyan.

 

 

 

SIBERONE.COM - Wakil Ketua Komisi IV Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Inhil, Padli H Sofyan mendesak pemerintah daerah kabupaten Indragiri Hilir untuk segera mencarikan solusi terhadap masyarakat yang ingin berobat namun tidak memiliki penjamin. 

 

Padli menyebutkan wacana ini harus segera direalisasikan karena sudah banyak ditemukan di lapangan fenomena masyarakat yang ekonominya menengah ke bawah tiba-tiba sakit namun tidak memiliki kesiapan keuangan serta jaminan seperti Badan Perlindungan Jaminan Sosial (BPJS) Kesehatan atau Asuransi Kesehatan (Askes). 

 

Katanya, solusi yang ditawarkan adalah ada persiapan anggaran khusus untuk menangani pasien yang mendadak harus ditangani bisa membiayai segala pengobatan masyarakat khususnya yang kurang mampu. 

 

"Sakit tidak bisa ditunda sementara keuangan tidak memadai, untuk itu kita minta ada solusi yang ditawarkan pemerintah menjadi alternatif buat masyarakat yang belum memiliki BPJS atau Askes agar mereka tetap tertolong," jelas politisi Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) ini saat dikonfirmasi melalui selulernya, Rabu (7/7/2021).

 

Padli mengungkapkan, wacana ini sebenarnya sudah sering dilontarkan saat ada pertemuan-pertemuan rapat baik dari Dinas Kesehatan, Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD), Dinas Sosial dan stakeholder lainnya namun sampai sekarang belum ada kejelasan mengenai wacana tersebut, untuk itu ia kembali mengingatkan pemerintah daerah karena siklus masyarakat berobat terus berjalan.

 

"Kita berharap betul program ini terealisasi sehingga urusan masyarakat yang kurang mampu tidak ada lagi kendala dari segi pelayanan kesehatan, dan wujud dari implementasi Pasal 34 Undang-Undang Dasar Republik Indonesia Tahun 1945 menyatakan "Fakir Miskin dan Anak-anak terlantar dipelihara oleh Negara terlaksana," imbuhnya. 

 

 

Berita ini masih butuh konfirmasi terhadap dinas terkait. 

 

 

 

 


[Ikuti Siberone.com Melalui Sosial Media]



Tulis Komentar