Secara Resmi Dewan Juri Umumkan Pemenang 12 Kategori Lomba Festival Teater Bangsawan 2021 


 

 

 

SIBERONE.COM - Dua belas kategori perlombaan pada pelaksanaan Festival Teater Klasik Bangsawan 2021 secara virtual resmi diumumkan pemenangnya. 

 

Pengumuman tersebut langsung dilaksanakan saat malam puncak Festival Teater Klasik Bangsawan 2021 di Gedung Puri Cendana jalan Lingkar Tembilahan yang disampaikan tiga dewan juri. 

 

Salah satu dewan juri Mahalim Zaini menyampaikan apresiasi kepada seniman muda yang ada di Kabupaten Inhil yang begitu antusias mengikuti lomba Festival Teater Klasik Bangsawan 2021 secara virtual. 

 

"Tentunya dalam pelaksanaan ini banyak ditemukan kendala baik itu dari peserta maupun dari dewan juri, namun kami sudah melihat setiap peserta yang mengirimkan ke panitia dan hasilnya bagus bagus," ujar Mahalim Zaini.

 

Mahalim Zaini yang juga diketahui ketua Asosiasi Seniman Riau mengukapkan seniman yang ada di Kabupaten Inhil ini sangat aktif serta masih terus menciptakan kadar kader yang sangat baik dan bagus.

 

"Saya sangat bangga kepada seniman yang di Inhil atas kekompakan. Apa lagi seniman di Inhil sering melakukan arisan antara seniman dan ini merupakan yang pertama ada di Kabupaten Inhil dan saya rasa satu satunya Kabupaten melaksanakan seperti ini," kata Mahalim Zaini, Senin (28/06/21) malam.

 

Sementara itu, Bupati HM Wardan yang diwakili Kepala Dinas Pariwisata Pemuda Olahraga dan Budaya (Disparporabud) kabupaten Inhil Junaidy Ismail mengatakan selaku pemerintah daerah tentunya sangat mendukung acara teater ini. Karena ini merupakan wadah untuk membangun seni yang lebih baik dan mewariskan kepada generasi penerus. 

 

"Kita selaku pemerintah daerah sangat mendukung dan apresiasi kepada seniman seniman yang saat ini masih aktif serta menciptakan kader kader yang sangat baik dan bagus. Jadi dengan adanya Festival Teater Klasik Bangsawan ini diharapkan kegiatan ini dapat memberikan ruang dan kesempatan bagi bertemunya berbagai komunitas sanggar seni serta wadah bagi seniman di Kabupaten Inhil yang pada gilirannya nanti dapat membangun suasana kehidupan berkesenian yang lebih baik dari sebelumnya," kata Junaidy Ismail.

 

Kemudian Kadis Disparporabud Junaidy Ismail menyampaikan di era globalisasi banyak terjadi pengaruh dalam kehidupan masyarakat sehingga melupakan seni dan budaya sendiri. Apalagi dunia menjadi seolah tidak terbatas sehingga seni budaya, gaya hidup dari luar mudah masuk ke negeri ini, dan tidak jarang memberikan pengaruh negatif kepada masyarakat khususnya kaum muda. 

 

"Oleh karena itu, dengan adanya Festival Teater Klasik Bangsawan ini tentunya memiliki manfaat yang signifikan dalam menangkal dan membententengi generasi muda dari pengaruh negatif ini. Kemudian juga kaum muda dapat mengenang seniman Inhil Almarhum Yakub Syafii yang mana sampai saat ini naskah yang dilombakan merupakan hasil karya beliau dan beliau telah menghasilkan naskah yang saat ini masih bisa diselamatkan oleh dinas pariwisata dan kebudayaan Kabupaten Inhil," jelas Kadis Disparporabud kabupaten Inhil Junaidy Ismail.

 

Terakhir Kadis Disparporabud kabupaten Inhil Junaidy Ismail berharap kepada semua pihak untuk konsisten dan berkelanjutan terhadap upaya-upaya yang telah dilaksanakan pada hari ini hingga masa yang akan datang. 

 

"Semoga apa yang kita laksanakan ini dapat mendorong berkembangnya seni teater di Kabupaten Inhil serta bermanfaat bagi masyarakat dan bernilai ibadah disisi Allah SWT," Imbuhnya.

 

Berikut nama nama pemenang Festival Teater Klasik Bangsawan 2021 sesuai dengan 12 katagori

 

1. Sutradara Terbaik Sanggar Tuah Abdi Kecamatan Tembilahan Kota;

 

2. Penata Artistik Terbaik Sanggar Tuah Abdi Kecamatan Tembilahan Kota;

 

3. Pemeran Pria Terbaik Panglima Ali dari Sanggar Ewaah SMA 1 Tembilahan Kota;

 

4. Pemeran Wanita Terbaik Jamilah dari Sanggar Goa Kecamatan gaung;

 

5. Pemeran Pembantu Pria Terbaik Panglima Abbas dari Sanggar Ewaah SMA 1 Tembilahan Kota;

 

6. Pemeran Pembantu Wanita Terbaik Tilani dari Sanggar Tuah Abdi Kecamatan Tembilahan Kota;

 

7. Juara Favorit Sanggar Pelita dengan Viewers 7763 dan Like sebanyak 1,2 K;

 

8. Penyaji Terbaik ke Lima Sanggar Qinaabun Kecamatan Tembilahan Hulu;

 

9. Penyaji Terbaik ke Empat Sanggar Pelita Kecamatan Tembilahan Hulu;

 

10. Penyaji Terbaik ke Tiga Sanggar Goa Kecamatan Gaung;

 

11. Penyaji Terbaik ke Dua Sanggar Ewaah SMA 1 Tembilahan; dan

 

12. Penyaji Terbaik ke Satu Sanggar Tuah Abdi Kecamatan Tembilahan Kota.


[Ikuti Siberone.com Melalui Sosial Media]



Tulis Komentar