Desa Batu Ampar Miliki Objek Wisata Alam yang Indah Sangat Direkomendasikan untuk Dikunjungi

Jumat, 14 Mei 2021

 

 

SIBERONE.COM - Kecamatan Kemuning yang berada di ujung selatan kabupaten Indragiri Hilir memiliki berbagai objek wisata alam yang sangat indah dan dekat untuk dikunjungi. 

 

Diawali dengan Air Terjun Tembulun Rusa atau yang lebih sering dikenal dengan Tembulun Nibol. Destinasi wisata yang berada di desa Batu Ampar Kabupaten Indragiri Hilir, provinsi Riau yang berbatasan dengan Provinsi Jambi, dinamakan Tembulun Nibol karena Tembulun terletak di Sungai bernama Sungai Nibol. 

 

Keunikan dari Sungai Nibol adalah, karena Sungai tersebut memiliki tingkat kedinginan air yang sangat tinggi daripada air sungai yang lain di Batu Ampar. Selain itu Sungai ini juga memiliki bebatuan besar yang terhampar sepanjang 2000 meter.

 

Sebagai tambahan Sungai Nibol merupakan sungai terbesar nomor dua yang ada di Batu Ampar setelah Sungai Reteh.

 

Tembulun ini terletak di Hulu Sungai Bebaiyan, dimana sungai Bebaiyan ini memiliki anak sungai yang diberi nama oleh tetua terdahulu dengan nama Sungai Manderas.

 

Adapun diberi nama Sungai Manderas karena sungai tersebut hampir semua aliran sungainya dangkal atau surut, sehingga aliran airnya cukup deras.

 

Utamanya, sungai ini memiliki air terjun yang dinamakan Tembulun Maderas yang sangat luar biasa. Tembulun Manderas memiliki empat tingkatan yang total ketinggiannya kurang lebih 90 meter.

 

Selain dari tiga objek unggulan destinasi Desa Batu Ampar, masih banyak spot kunjungan wisata, antara lain Tembulun Batu Ampar, Kuburan Pendam 7 di Lubok Pedang Ilang, Pemandian Alam Batu Besar yang ada di Sungai Nibol dan sungai kebanggaan masyarakat Desa Batu Ampar, yakni Sungai Reteh yang memiliki kejernihan air di musim kemarau tiba.

 

Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Indragiri Hilir (Inhil) melalui Dinas Pariwisata, Pemuda dan Olahraga, dan Kebudayaan (Disparporabud) terus mengembangkan potensi alam ini.

 

 

Penasaran ? Ayo main dan berkunjung ke alam kami, Desa Batu Ampar Kecamatan Kemuning Kabupaten Indragiri Hilir, Riau. (Adv).