Nikmati Destinasi Wisata Air Terjun 86 di Kemuning Inhil

Rabu, 07 April 2021

 

 

 

SIBERONE.COM - Destinasi wisata alam yang saat ini sedang dikembangkan oleh Dinas Pariwisata Pemuda dan Olahraga dan Budaya (Disparporabud) dan kini sudah masuk dalam peta wisata Inhil. Destinasi wisata ini diberi nama Air Terjun 86. 

 

Objek wisata ini berlokasi di Dusun Pandowo, desa Keritang Hulu, Kecamatan Kemuning, Kabupaten Indragiri Hilir, Riau.

 

Air terjun yang merupakan air alami berasal dari aliran sungai ini memiliki ketinggian lebih kurang mencapai 30.86 meter terletak di kilometer 86 jalan Raya Lintas Timur Sumatera.

 

Agar bisa sampai di air terjun 86, pengunjung harus menempuh jarak kurang lebih 20 kilometer dari Selensen dengan kondisi jalan tanah yang hanya dapat dilalui dengan sepeda motor atau kendaraan roda empat sejenis jeep.

 

 

Pengunjung juga harus menuruni anak tangga yang cukup curam. Namun perjuangan tersebut akan terbalas ketika mulai memasuki kawasan. Pengunjung akan dimanjakan dengan suasana alam yang masih asri. Belum lagi mata akan dimanjakan dengan bangunan rumah-rumah penduduk yang berupa rumah adat Melayu yang juga dinamakan Pesanggarahan.

 

Di lokasi Air Terjun 86 pengunjung bebas mandi dan berenang di kolam air yang terdapat di sana karena cukup dangkal dan jernih. Lokasi yang landai membuat kawasan tersebut cocok untuk camping dan arena outbound.

 

Mari berkunjung ke lokasi Air Terjun 86 yang berada di Taman Nasional Bukit Tiga Puluh, maka akan merasakan suasana sekitar air terjun sebab masih kaya akan pesona flora dan fauna. 

 

Pesona burung berbulu lentik, apalagi saat menguakkan bulunya itu, tentu menjadi suatu sensasi suasana yang tak kan pernah anda rasakan dimanapun.

 

Jika anda beruntung, anda akan dapat bertemu dengan burung Kuau (Argusianus argus argus) yang langka. (Adv)