Soal Kerusakan Jalan Ujung Batu, Ferry Yunanda: Kita Fokus Dulu Perbaikan Sistem Drainase

Selasa, 23 Mei 2023

Badan jalan di dalam kota Kecamatan Ujung Batu, Kabupaten Rokan Hulu. (sumber foto: Siberone.com)

SIBERONE.COM - Pemerintah Provinsi Riau melalui Dinas PUPR-PKPP Riau menseriusi persoalan kerusakan jalan di dalam kota Kecamatan Ujung Batu, Kabupaten Rokan Hulu.

Namun, persoalan kerusakan jalan lintas provinsi ini bukan hanya sekedar mengaspal jalan saja. Melainkan harus ada perbaikan kerusakan pada sistem drainase, yang selama ini menjadi indikator kerusakan badan jalan. Sehingga sebaik apa pun aspal yang dibuat, jika air parit meluber ke badan jalan, otomatis aspal akan terkelupas, ditambah lagi mobilitas angkutan truk bertonase berat melintas jalan ini.

Kepala Dinas PUPR-PKPP Riau, Arif Setyawan melalui Kepala UPT Balai Jalan Dan Jembatan Wilayah VI PUPR-PKPP, Ferry Yunanda menyebutkan pengerjaan jalan permanen pada ruas jalan Ujung Batu-Tandun yang saat ini dalam kondisi rusak akan mendapat penanganan, setelah nantinya ada perbaikan drainase, dimana kondisi drainase hampir menyeluruh tidak berfungsi untuk menampung debit air.

"Untuk ruas Kita Ujung Batu saat ini dalam proses penyelesaian masalah drainase sebelum pengerjaan secara permanen pada badan jalan", sebut Ferry.

Artinya dalam hal ini secara teknis pengerjaan jalan secara permanen belum dapat dilakukan sebelum masalah drainase ini terselesaikan.

Sedangkan untuk Pengadaan Barang dan Jasa ( PBJ) nya, termasuk pengadaan U Ditch/beton cetak drainase, Ferry menegaskan seluruh Pengadaan nya menggunakan E-katalog.

"Dapat di cek proses E-katalog nya di Lpse untuk proses pengadaan barang dan jasanya", tambah Ka. UPT Balai Jalan dan Jembatan Wilayah VI PUPR-PKPP Riau ini lagi. "Diperkirakan proses pembuatan U Ditch selesai dalam waktu 2-3 bulan", dijelaskan Ferry lagi.

Ditambahkan Ka. UPT Balai Dan Jembatan Wilayah VI PUPR-PKPP Riau ini,"Sambil menunggu selesai pencetakan secara berangsur, nanti akan dikerjakan drainase di ruas titik perawatan".

"Setelah secara keseluruhan drainase selesai baru akan dikerjakan pengaspalan permanen untuk tiap titik kerusakan tersebut", jelas Ferry.

Dari keterangan di atas dapat diketahui penyebab belum dilakukan perawatan di beberapa titik lokasi kerusakan jalan yang ada di Kecamatan Ujung Batu.

Penjelasan Kepala UPT Balai Jalan dan Jembatan Wilayah VI PUPR-PKPP Riau ini seakan menepis rumor yang berkembang terkait ketidakseriusan dalam menangani permasalahan jalan yang rusak di Kecamatan Ujung Batu.

"Diperkirakan nanti setelah APDP-P akan ada tambahan anggaran untuk pengaspalan di Kabupaten Rokan Hulu", tutup Kepala UPT Balai Jalan dan Jembatan Wilayah VI PUPR-PKPP Riau ini.(yan)