Dinkes Inhil Laksanakan Sunatan Massal Gratis Sempena HPN

Ahad, 21 Mei 2023

Prosesi sunatan massal yang dipantau langsung oleh Bupati dan Ketua DPRD Inhil, Selasa (16/5/23). (sumber foto: Siberone.com/Nia Nismaini)

SIBERONE.COM - Bersempena Hari Pers Nasional Tahun 2023 Dinkes Inhil Taja Kegiatan Sunat Massal yang di laksanakan di Lapangan Gajah Mada, Tembilahan, Selasa  (16/05/23).

Puluhan anak dari berbagai kecamatan di Tembilahan berbondong - Bondong datangi Lapangan Gajah Mada Tembilahan untuk melaksanakan Sunatan masal yang di Taja Dinas Kesehatan Kabupaten Indragiri Hilir bersempena dengan Hari Pers Nasional 2023.

Kegiatan sunat massal ini juga di Hadiri secara langsung oleh Bupati Kabupaten Indragiri Hilir HM.Wardan dan Jajaran Pemda Kabupaten indragiri Hilir dan beberapa Dinas se Lingkungan Kabupaten indragiri Hilir.

Kepala Dinas Kesehatan (Kadiskes) Rahmi Indrasuri SKM MKl mengatakan, sempena HPN kali ini pihaknya telah mengagendakan sejumlah kegiatan, diantaranya sunat massal gratis bagi masyarakat dan beberapa kegiatan lainnya.

"Untuk sunat masal, pelaksanaannya dilakukan langsung oleh tim medis dari 3 Puskesmas, yakni Puskesmas Gajah Mada, Puskesmas Tembilahan Kota dan Puskesmas Tembilahan Hulu," ujar Rahmi.

Saat di minta keterangan , Kepala Puskesmas Tembilahan Kota dr Dwi Agustina MH menjelaskan, pihaknya telah menyiapkan 6 tenaga kesehatan dalam pelaksanaan sunat massal, terdiri dari 1 dokter, 4 perawat dan 1 bidang administrasi.

"Jumlah anak-anak yang mendaftar ke kita untuk mengikuti sunat massal ini sebanyak 20 orang," terang Dwi.

Lanjutnya, diharapkan kepada anak yang telah melakukan sunat massal ini dapat menjaga pola makan sehat dan jangan terlalu aktif agar penyembuhan akan lebih cepat dan tidak terjadi infeksi.

"Kepada orang tua harus melakukan kontrol kepada anak  ke Puskesmas terdekat setelah tiga hari, namun jika ada keluhan jangan menunggu sampai 3 hari, segera saja datang ke Puskesmas terdekat agar bisa di tindak lanjuti," sebutnya.

Di ketahui lebih lanjut,  peserta sunat massal dari Puskesmas Gajah Mada yang dikepalai oleh Bd Marlina STR Keb berjumlah sebanyak 6 orang.

 

Nia Nismaini