Dinas Pendidikan INHIL Lakukan Kunjungan Monev ke PKBM Manarul Ilmi Inhil

Senin, 20 Maret 2023

Bidang Paud dan Dikmas Disdik Inhil melakukan kunjungan ke Sekolah PKBM Manarul Ilmi Inhil, sumber foto: Muannif Ridwan.

SIBERONE.COM - Dinas Pendidikan Kabupaten Indragiri Hilir Bidang Paud dan Dikmas, dipimpin langsung oleh Kabid Paud dan Dikmas, Siti Munziarni, SKM., MM melakukan Monitoring dan Evaluasi (Monev) tahun ajaran 2022/2023 ke PKBM Manarul Ilmi Inhil yang beralamat di Jalan Trimas, No. 88, Kelurahan Tembilahan Kota, Kecamatan Tembilahan, Kabupaten Inhil, (Jum’at, 17 Maret 2023).

Dalam Kunjunganya, Tim Monev melakukan Pemeriksaan, Evaluasi, dan Pembinaan terkait pertanggungjawaban atas pelaksanaan program yang dilaksanakan oleh satuan pendidikan tersebut. Adapun pemeriksaan, yaitu terkait rencana kegiatan dan anggaran sekolah (RKAS) yang akan dibiayai oleh pemerintah berupa Bantuan Operasional Pendidikan (BOP). Sedangkan evaluasi berupa pelaksanaan kegiatan yang sudah dilaksanakan terkait efisiensi dan efektifitas. Efisiensi merupakan ukuran keberhasilan yang dinilai dari segi besarnya sumber daya untuk mencapai hasil dari kegiatan yang dijalankan, sedangkan efektifitas merupakan ukuran sejauh mana suatu kegiatan mencapai tujuannya.

Sementara terkait pembinaan, Kabid Paud dan Dikmas mengharapkan terwujudnya satu persepsi dalam informasi terkait pelaksanaan program satuan pendidikan dengan Dinas Pendidikan Kabupaten Indragiri Hilir sehingga bisa terus bersinergi dalam peningkatan layanan akses pendidikan, pemerataan peningkatan mutu, dan peningkatan tata kelola. 

Kepada PKBM Manarul Ilmi Inhil harus selalu menyampaikan informasi secara transparan terkait program kegiatan pendidikan agar masyarakat semakin banyak yang minat belajar kembali demi meningkatkan kualitas sumber daya manusia Indonesia.  

Dalam kesempatan itu Kabid Paud dan Dikmas mengatakan, dengan kunjungan monev ini, pihaknya berharap semakin terbangun silaturrohim yang baik diantara Disdik Inhil dan PKBM Manarul Ilmi Inhil.

"Sehingga kami bisa mendapatkan informasi yang bagus untuk bisa kami sampaikan ke masyarakat agar bisa meneruskan pendidikan, bahwa di Inhil ini ada PKBM sebagai tempat untuk melanjutkan kembali pendidikan," ungkapnya.

Sementara itu, ketua PKBM Manarul Ilmi Inhil, Muannif Ridwan, S.Pd.I, MH menyambut baik kunjungan monev ini sebagai bentuk pengawasan dan sharing ide untuk kemajuan satuan pendidikan. 

Beberapa hal yang telah dibahas dalam monev ini akan menjadi catatannya yang nanti akan segera ditindak lanjuti, dan juga menjadi bahan Evaluasi ke depan, semoga kegiatan ini akan lebih memotivasi baginya untuk memberikan pelayanan yang lebih baik lagi kepada Warga Belajar dan Masyarakat yang belum tersentuh Pendidikan Formal.

"Kami berterima kasih atas kunjungannya, semoga kegiatan seperti ini selalu rutin, karena ini juga merupakan check and balance terhadap pelaksanaan kegiatan kami, agar kami bisa terus termotivasi untuk memberikan yang terbaik kepada warga belajar,” kata Muannif Ridwan dalam sambutannya.

Kegiatan Monitoring dan Evaluasi ini mencakup mulai dari proses pengumpulan data realisasi program/kegiatan, pelaporan kegiatan, hingga penilaian, dan evaluasi capaian kinerja. Monitoring dan Evaluasi (Monev) adalah bentuk pertanggungjawaban atas pelaksanaan program yang dilaksanakan oleh satuan pendidikan. Satuan pendidikan dalam hal ini adalah PKBM Manarul Ilmi Inhil. Pelaksanaan monev dilakukan oleh instansi pendidikan, yaitu Dinas Pendidikan Kabupaten Indragiri Hilir. 

"Dengan adanya monev ini, maka program-program pendidikan yang dilaksanakan oleh PKBM Manarul Ilmi Inhil dapat dipantau dan dievaluasi dalam hal pelaksanaan sehingga hasil evaluasi akan meningkatkan kualitas kinerja SDM di PKBM Manarul Ilmi Inhil, tidak hanya pada pihak pengelola PKBM saja tetapi pada seluruh pihak, baik itu tenaga kependidikan, tutor maupun Warga Belajar di PKBM Manarul Ilmi Inhil," jelasnya.

Selain itu, Humas PKBM Manarul Ilmi Inhil, Pebriansyah, mengungkapkan, bahwa program-program pendidikan yang dilaksanakan oleh PKBM Manarul Ilmi Inhil, yaitu Pendidikan Kesetaraan dimulai dari Jenjang Paket A (Setara SD), Paket B (Setara SMP), dan Paket C (Setara SMA).

Tahun ini PKBM Manarul Ilmi Inhil membuka Pendaftaran siswa baru secara terbuka dan seluas-luasnya bagi anak yang putus sekolah, sebab Sekolah Nonformal ini sudah menerapkan Hybrid Learning atau Pembelajaran secara Online dan Offline, sehingga ini bisa diikuti oleh peserta didik dari mana saja selama ada jaringan Internet. 

"Kita sudah menerapkan Hybrid Learning, yaitu model pembelajaran tatap muka dan online, dengan metode ini diharapkan mampu mengakomodir para peserta didik yang jauh tempat tinggalnya dan punya keterbatasan waktu untuk hadir secara langsung di sekolah," tuturnya.

Pebriansyah menyebut, bahwa sekolah PKBM Manarul Ilmi Inhil juga sudah mempunyai Website, Youtube Channel, dan E-Library yang bisa diakses oleh siapapun, dari manapun, dan bisa belajar kapan saja melalui Video Pembelajaran dan ebook yang ada di situ.

"Ke depan akan terus kita kembangkan digitalisasi pendidikan ini, hal ini untuk menjawab tantangan zaman," imbuhnya.

Perlu diketahui bahwa PKBM Manarul Ilmi INHIL saat ini sudah terakreditasi dengan peringkat B (BAIK), SK akreditasi tersebut sudah keluar pada tanggal 27 Desember 2021 dikeluarkan oleh BADAN AKREDITASI NASIONAL PENDIDIKAN ANAK USIA DINI DAN PENDIDIKAN NONFORMAL (BAN PAUD DAN PNF) dengan nomor SK. 058/BAN PAUD DAN PNF/AKR/2021. 

Ketika Sekolah secara lembaga sudah terdaftar di kementerian pendidikan dan memiliki NPSN dan sudah terkakreditasi, maka ini menjadi kesempatan untuk tempat meraih masa depan yang lebih baik, yaitu dengan segera mendaftarkan diri dan mengikuti pendidikan agar memperoleh ilmu dan Ijazah sebagai bukti kelulusan.

Untuk info pendaftaran bisa mengunjungi website resmi https://pkbmmanarulilmiinhil.sch.id/ , di situ lengkap terkait persyaratan dan prosedurnya, untuk mendaftar melalui online di link: https://bit.ly/PPDB-PKBM-MII Silahkan juga menghubungi kami di nomor 082385684202 / 082383284759 / 081261412680 (WA, Telepon, dan SMS) atau datang langsung ke kantor sekolah kami di lantai 3 gedung STMIK Indragiri.