Jalin Sinergitas, Forum TBM Inhil Silaturahmi ke Kediaman Bunda Literasi

Sabtu, 18 Maret 2023

Foto bersama setelah bincang-bincang santai Forum TBM Inhil dengan Bunda Literasi Inhil Hj. Zulaikhah Wardan, Sabtu (18/3/23). (sumber foto: Siberone.com/Nia Nismaini)

SIBERONE.COM - Forum Taman Bacaan Masyarakat (TBM) Kabupaten Indragiri Hilir (Inhil) menyambangi kediaman Bunda Literasi Inhil, Hj. Zulaikhah Wardan dalam upaya membangun sinergitas untuk  menggerakkan literasi di Inhil.

Pertemuan yang dilaksanakan pada Sabtu (18/03/2023) ini selain untuk menjalin hubungan silaturahmi. Forum TBM juga menyampaikan rencana kegiatan dalam bidang literasi yang ditaja Forum TBM sendiri.

Kunjungan Ketua Forum TBM Inhil Ridwan, Pengurus dan Relawan ini disambut baik oleh Bunda Literasi Inhil Hj. Zulaikhah Wardan. Bunda Literasi Inhil menyampaikan bahwa rencana kegiatan literasi yang direncanakan Forum TBM Inhil ini merupakan kegiatan yang akan membawa dampak baik bagi literasi di Inhil.

"Tentunya saya sebagai Bunda Literasi sangat menyambut baik karena ini adalah salah satu tugas Bunda Literasi bersinergi dengan mitra lainnya untuk dapat bagaimana mengembangkan, mengenalkan, dan memotivasi seluruh masyarakat sejak usia dini, salah satunya minat baca," ucap Bunda Literasi Inhil yang akrab disapa Bunda Ika itu.

Menurut Bunda Ika, di era digitalisasi saat ini, minat baca masyarakat terkhusus masyarakat Kabupaten Indragiri Hilir sudah sangat menurun. Dengan demikian ia berharap program yang dicanangkan Forum TBM Inhil ini mampu mendobrak kembali minat baca masyarakat.

"Maka dari itu kita harus menumbuhkan minat baca sejak usia dini. Maka dengan salah satu program dan kegiatan yang dilaksanakan oleh TBM Inhil bersama bunda literasi nantinya diharapkan dapat menambah wawasan dan menimbulkan minat baca di kalangan masyarakat, anak-anak serta seluruh kalangan di kabupaten Inhil ini," sebutnya.

Dalam kesempatan yang sama, Ketua Forum TBM Inhil, Ridwan Syafii Ali mengungkapkan kesiapan pihaknya untuk bersinergi dengan Pemerintah Kabupaten Inhil, Bunda Literasi Inhil dan Dinas-dinas terkait untuk meningkatkan minat dan daya baca masyakarat.

"Pertemuan ini dimaksudkan untuk menjalin sinergi dalam membantu menyukseskan program-program literasi di daerah Kabupaten Inhil. Kami TBM Inhil siap bersinergi dengan Pemerintah, Bunda Literasi, Dinas terkait dan semua kalangan agar pendidikan di Inhil bisa lebih maju lagi," ungkapnya.

"Semoga saja pertemuan ini bisa menghasilkan kerjasama yang baik sehingga apa yang kita niatkan dan rencanakan untuk mencerdaskan bangsa melalui gerakan membaca buku bersama masyarakat terutama anak-anak bisa berhasil sesuai apa yang kita harapkan," lanjutnya.

Sebagai informasi, TBM Hamfara Library yang didirikan Ridwan terpilih menjadi Komunitas Literasi Terpilih yang diselenggarakan oleh Balai Bahasa Provinsi Riau dalam Rangka Bulan Bahasa pada tahun 2022. Prestasi yang membanggakan untuk kabupaten Inhil. Semoga bisa menjadi Motivasi TBM Lainnya dalam meraih prestasi.

 

Wartawan: Nia Nismaini