Dihadiri Gubri, GNTI Akan Wujudkan Tiga Misi

Jumat, 17 Maret 2023

Pelantikan PW GNTI Provinsi Riau, Kamis (16/3) di ball room Hotel Pangeran. (sumber foto: Siberone.com)

SIBERONE.COM - Ketua Umum Pengurus Pusat Gerakan Nelayan Tani Indonesia  (PP GNTI),  Prof Dr Ir Rokhmin Dahuri MS secara resmi melantik Pengurus Wilayah (PW) GNTI Provinsi Riau yang diketuai oleh Dewi Juliani SH, Kamis (16/3) di ball room Hotel Pangeran. 
Prosesi acara ini berjalan khitmad.

Dari pelantikan ini, GNTI Riau akan mewujudkan tiga misinya bersama masyarakat dan pemerintah daerah, yakni, untuk kedaulatan pangan, kesejahteraan nelayan petani, dan menjadikan sektor ini sebagai unggulan Indonesia.

Dihadiri langsung oleh Gubernur Riau (Gubri),  Syamsuar, diharapkannya supaya apa yang ditargetkan GNTI dapat diwujudkan, dan Pemerintah Provinsi siap untuk memberikan dukungannya, dalam mencapai kesejahteraan para nelayan dan petani.

‘‘Bersama pemerintah tentunya dapat mewujudkan semua harapan. Harus banyak melakukan inovasi baru, dan mampu merubah kebiasaan masyarakat yang saat banyak bergantung pada sawit, akan tetapi semua jenis tanaman juga sangat dibutuhkan, dan bisa menjadi sumber kesejahteraan masyarakat,’’ kata Gubri.

Gubri menyambut baik gagasan dari GNTI ini, dan dia juga berharap bisa bersama-sama pemerintah untuk mewujudkannya.

"Selamat bertugas untuk pengurus yang baru dilantik ," ungkap Syamsuar.

Hadir juga dalam pelantikan PW GNTI ini, Sekretaris Provinsi (Sekdaprov) Riau SF Haryanto, Bupati Pelalawan yang juga Ketua DPD PDI Perjuangan Provinsi Riau, Zukri Misran, Fraksi PDI Perjuangan DPRD Riau, Fraksi PDI Perjuangan DPRD Kota Pekanbaru, dan undangan lainnya.

Dalam laporan Ketua Panitia Pelaksana pelantikan, Robin Eduar, selain pelantikan pengurus PW GNTI Riau, yang di nakhodai ketua, Dewi Juliani SH, Sekretaris Robin Eduar SE MH dan Bendahara Irwansyah SH, juga digelar Sarasehan.

Menghadirkan tiga pemateri nasional, Ketua umum PP GNTI Prof Ir Rokhmin Dahuri MS, mengupas tentang membangun sinergi dan kolaborasi menuju kesejahteraan nelayan tani. Lalu, Deputi APDIN BKKBN Drs Sukaryo Teguh Santoso MPd, mengupas tentang prioritas nasional penurunan stunting komunitas nelayan tani.

Sekretaris Utama Kementerian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak, Dr Pribudiarta Nur Sitepu MM  mengupas tentang DRPPA sebagai prioritas nasional pemerintah bidang nelayan tani, dan Sekjen Kementerian kelautan dan perikanan Komjen Pol (purn) Drs Raden Antam Novambar SH MHum, tentang prioritas nasional penurunan stunting komunitas nelayan. 
Dilanjutkan penyerahan sembako kepada perwakilan nelayan dan tani provinsi. Selanjutnya PP GNTI beserta PW GNTI Riau langsung melakukan kunjungan kerja dan sosialisasi untuk "satu solusi tangkal abrasi bersama masyarakat nelayan dan tani kabupaten Bengkalis.

Ketua DPD PDIP Riau, Zukri Misran, menegaskan kepada pengurus PW GNTI Riau yang sudah dilantik itu,supaya tidak sekedar dilantik, akan tetapi pasca dilantik gebrakannya sangat ditunggu untuk para nelayan dan tani Riau.

"Yang paling penting itu setelah dilantik, bagaimana benar-benar hadir di tengah-tengah masyarakat , dan bagaimana cita-cita partai, cita-cita Ketua Umum partai PDIP soal kesejahteraan nelayan dan tani dapat diwujudkan oleh GNTI Riau, dan harus didukung oleh seluruh kader, yang tujuannya ialah rakyat sejahtera, "harapnya.

Sementara itu, Ketua Umum PP GNTI, Prof Dr Ir Rokhmin Dahuri MS, menegaskan soal kinerja GNTI itu sudah sampaikan kepada Ketua PW GNTI Riau, bahwa cara kerja GNTI itu ada dual track, praktis -praktis dan juga mendampingi serta mengadvokasi pemerintah baik kebijakan maupun bantuan anggaran.

"Maka kita minta GNTI Riau dapat bekerja keras, ikhlas dan kolaboratif untuk mewujudkan tiga misi GNTI, yaitu kedaulatan pangan, kesejahteraan nelayan petani, dan menjadikan sektor ini sebagai unggulan Indonesia,’’ ungkapnya.

Kepada wartawan, Ketua PW GNTI Riau, Dewi menjelaskan, bahwa, GNTI adalah organisasi sayap partai yang memiliki peran yang sangat penting dalam membantu pergerakan roda partai sesuai dengan instruksi ketum PDIP sekaligus dewan pembina GNTI, Megawati.

Dia juga menjelaskan, GNTI dapat menjadi wadah yang bergerak, menaungi, membantu dan mensejahterakan kaum nelayan dan petani menuju kemandirian dan kedaulatan pangan sesuai azas dan jati diri serta watak PDIP.

Untuk merealisasikan harapan itu, GNTI Riau akan melaksanakan program-program langsung, baik secara baik secara teknologi maupun managemen untuk meningkatkan pendapatan petani Riau.

"Kami GNTI Riau akan hadir dan siap berada di tengah-tengah para nelayan dan para tani dalam memberikan solusi terhadap permasalahan yang dihadapi, karena inilah ladang perjuangan kami GNTI Riau, " tutur Dewi.

GNTI Riau, disampaikannya lagi, perjuangan itu semua tentu kepedulian dan dukungan dari pemerintah pusat dan daerah sangat diharapkan, guna mengangkat kesejahteraan para petani dan nelayan di bumi langcang kuning ini.

"Saya bersama pengurus akan berjuang melalui berbagai upaya kongkrit dan inovatif yang terprogram agar dapat mencapai hal terbaik untuk kesejahteraan para nelayan dan tani," tuturnya.(yan)