Tinjau Jembatan Desa Kalijambe, Bupati Pekalongan Upayakan Perbaikan

Selasa, 22 November 2022

Bupati Pekalongan, Fadia Arafiq, SE., MM. meninjau Jembatan Desa Kalijambe Kecamatan Sragi Kabupaten Pekalongan, Senin (21/11). (sumber foto: Humas Pemkab Pekalongan)

 


SIBERONE.COM - Usai melakukan tinjauan ke Jembatan Desa Kalijambe Kecamatan Sragi Kabupaten Pekalongan, Bupati Pekalongan, Fadia Arafiq, SE., MM. meminta kepada PT Perkebunan Nusantara (PTPN) IX selaku pemilik Jembatan Desa Kalijambe untuk segera menindak lanjuti permohonan pinjam pakai Jembatan Desa Kalijambe.

Hal itu dikarenakan untuk melanjutkan proses perbaikan jembatan oleh Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Pekalongan pada Tahun 2023.

Sementara, Bupati menuturkan bahwa proses perbaikan Jembatan Desa Kalijambe hingga kini terkendala aturan sehingga tidak dapat perbaikan.

“Jembatan ini sudah dari jaman Belanda. Pemerintah daerah tidak bisa memperbaiki mungkin hanya bisa menambal-nambal saja karena memang jembatan ini adalah milik dari PTPN IX sehingga aturannya, pemkab tidak bisa membetulkan tanpa ada surat pinjam pakai dari PTPN,” terang Bupati kepada media, Senin (21/11/2022).

Bupati juga menyebutkan, berbagai upaya telah dilakukan untuk percepatan seperti mendatangi Kantor Pusat PTPN IX dan bertemu dengan Direktur Utama PTPN IX serta meminta agar permohonan penerbitan surat pinjam pakai dapat segera ditindak lanjuti.

 “Alhamdulillah, respon yang sangat baik sekali dari keluarga besar PTPN IX dan juga hari ini langsung datang Direktur PTPN IX untuk mengecek langsung apakah memang jalan ini benar-benar bermanfaat untuk masyarakat. Sehingga saya minta untuk percepatan suratnya pinjam pakainya bisa secepatnya sehingga Tahun 2023 bisa kami perbaiki,” katanya.

Untuk menyediakan infrastruktur yang aman dan nyaman untuk warga masyarakat, bupati mengatakan bahwa perbaikan Jembatan Kalijambe merupakan upaya pemerintah Pekalongan.

“Saya ingin pastikan agar masyarakat Kabupaten Pekalongan ini dapat menikmati jalan yang aman, nyaman dan juga karena saya lihat dengan kondisi jalan yang seperti ini, saya khawatir kalau ada orang yang jatuh atau terperosok,” tutur bupati.

Sementara itu, Direktur PTPN IX Dodik Ristyawan mengatakan pihaknya mengapresiasi apa yang dilakukan Bupati dan Pemkab Pekalongan dalam upaya perbaikan Jembatan Desa Kalijambe.

“PTPN IX mengapresiasi programnya bupati jalan jembatan dan kalau untuk kepentingan umum PTPN IX selalu support. Prinsipnya itu saja,” ujarnya.

Dodik juga mengatakan bahwa pihaknya akan segera menindaklanjuti permintaan Bupati Pekalongan, “Kami pasti setuju untuk program pinjam pakai dan segera agar bupati segera bisa membangun jembatan ini,” tandasnya.(Suyanto)