Tebing Setinggi 59 M Longsor Hambat Akses Jalan Desa Bodas Pekalongan

Ahad, 13 November 2022

Proses evakuasi tebing setinggi 59 meter yang longsor di Desa Bodas, Kecamatan Kandangserang, Kabupaten Pekalongan, Sabtu (12/11/2022). (sumber foto: Siberone.com/Suyanto)

 


SIBERONE.COM - Tebing setinggi 59 meter, di Desa Bodas, Kecamatan Kandangserang, Kabupaten Pekalongan longsor dan menutup akses jalan desa.

Peristiwa itu terjadi akibat intensitas hujan yang tinggi pada hari Sabtu (12/11). Hal itu juga dibenarkan oleh Kepala Dusun (Kadus) Bodas Handoyo saat dikonfirmasi.

"Betul, longsor tersebut terjadi pada Sabtu (12/11/2022) sore, sekitar pukul 17.30 WIB. Longsoran tanah menutup akses jalan desa antara Desa Bodas dan Desa Klasem," kata Handoyo.

Handoyo menambahkan tidak ada korban jiwa dalam peristiwa tersebut.

 “Dan alhamdulilah tidak ada korban jiwa," ujarnya.

Sementara itu, Bripka Sugito Bhabinkamtibmas Polsek Kandangserang mengatakan, tanah longsor terjadi di wilayah Desa Bodas, perbatasan dengan Desa Klasem.

"Akses jalan tertutup tanah longsor kurang lebih 30 meter. Mobil tidak bisa melewati jalan tersebut. Kemudian, untuk motor apabila hendak melintasi jalan tersebut harus berhati-hati," katanya.

Pihaknya mengungkapkan, untuk pembersihan tanah longsor harus menggunakan alat berat, karena apabila menggunakan secara manual akan membutuhkan waktu lama.

"Ini saya masih berada di rumah pak kepala desa Bodas, untuk koordinasi dengan dinas terkait mengenai tanah longsor di Desa Bodas," ungkapnya. (Suyanto)