Babinsa Desa Simbar, Serda Edili Zalukhu Bersama dengan Warga Patroli dan Sosialisasi Karhutla

Senin, 03 Oktober 2022

Babinsa Koramil 06/KTM melakukan patroli karhutla di Parit 16 Dusun 3 Desa Sungai Simbar, kecamatan Kateman, kabupaten Indragiri Hilir, Senin (3/10/2022). (sumber foto: Batituud Koramil 06/KTM)

 

 


SIBERONE.COM - Menjaga wilayah binaan aman terhadap kebakaran hutan dan lahan (Karhutla) salah satu tugas seorang Babinsa yang sudah diperintahkan oleh atasannya, untuk itu Serda Edili Zalukhu melaksanakan patroli di Parit 16 Dusun 3 Desa Sungai Simbar, kecamatan Kateman, kabupaten Indragiri Hilir.


"Iya tugas sebagai babinsa untuk langsung memantau perkembangan wilayah terbebas dari Karhutla untuk itu pada hari ini bersama dua orang warga setempat melaksanakan patroli," jelas Serda Edili Zalukhu, kepada awak media, Senin (3/10/2022) pagi. 


Menurutnya dengan patroli turun langsung menyisir area perkebunan kelapa masyarakat maupun hutan, adalah cari yang lebih efektif, hal tersebut berkaitan tentang pengendalian kerusakan lingkungan yang berkaitan dengan kebakaran hutan dan lahan.


Kegiatan sosialisasi dan patroli karlahut ini dilaksanakan agar dapat mencegah dari bahayanya kebakaran hutan dan lahan (karhutla) dan tidak menambah bencana yang masih ada yaitu bencana non alam virus COVID-19, yang sampai saat ini belum berakhir.


"Saya menyampaikan himbauan kepada masyarakat agar lebih berhati-hati dalam melakukan pembersihan lahan pertanian, ya kalau di musim kemarau ini sangat rentan terhadap api, jadi masyarakat lebih berhati-hati jangan hal tersebut menjadi melanggar hukum dan merugikan diri kita sendiri dan orang lain," pungkasnya.


Ia juga mengatakan dalam pelaksanaan kegiatan sosialisasi patroli Karlahut bersama warga tersebut tidak ada ditemukan titik api dan asap dari pantauan.


"kegiatan kita sehari-hari dalam pelaksanaan patroli Karhutla dengan terus dilakukan masyarakat paham dan tidak ada ditemukan titik api dan asap hasilnya nihil," tutupnya.

 

Sumber: Batituud Koramil 06/KTM.