Bunga Anggrek Indahkan Rawa Singkil

Sabtu, 30 Januari 2021

SIBERONE.COM - Beragam cara bisa Anda lakukan untuk menikmati waktu berlibur. Namun, jika Anda penikmat wisata alam, tak ada salahnya untuk berkunjung ke Rawa Singkil di Kabupaten Aceh Singkil Provinsi Aceh.

Di tempat ini, Anda bisa melihat langsung indahnya tumbuhan apa lagi kehidupan liar orang hutan dan berbagai jenis satwa langka.

Rawa Singkil merupakan areal suaka marga satwa. Di atas lahan seluas lebih dari 800 ribu hektare ini terdapat keanekaragaman hayati yang kaya dan Anda dapat menikmati pemandangan yang masih alami.

Untuk bisa ke destinasi wisata ini, Anda harus menggunakan perahu tradisional milik masyarakat setempat. Perjalanan dimulai dari Desa Suka Makmur, Kecamatan Singkil, Kabupaten Aceh Singkil, Aceh dan membayar Rp500 ribu per hari untuk jasa sewa.

Dari Desa Makmur dibutuhkan perjalanan 2 jam untuk sampai ke lokasi wisata. Tapi, jangan khawatir tentang perjalanan yang jenuh. Pasalnya, sepanjang perjalanan Anda disuguhkan dengan bentang alam sungai Lae Cinendang yang indah serta aktivitas warga sekitar yang kerap menggunakan perahu dayung saat beraktivitas.

Sesampainya dilokasi, anda disuguhkan beragam pemandangan menarik, baik flora maupun fauna langka, hamparan pohon bakung rawa, aneka anggrek langka, dan jenis anggrek pensil. Bahkan, jika beruntung, anda dapat melihat langsung kehidupan liar orang hutan, buaya rawa, beruang madu, dan berbagai jenis burung langka lainya.

Rina, salah seorang wisatawan lokal yang mengunjungi Rawa Singkil mengaku takjub saat pertama kali berwisata ke Rawa Singkil. Menurutnya alamnya itu masih sangat alami. "Saya benar-benar merasa luar biasa dan sangat senang telah berkunjung kemari. Ini pengalaman yang luar biasa," ujarnya. Sabtu, (30/1/2021).

Lanjutnya,  saya berharap kepada pemerintah untuk menjaga kelestarian hutan yang indah ini. 

(Ris)