Bupati HM Wardan, Membuka Langsung Pelatihan Sistim SISKEUDES Versi 2.0.4 yang Diikuti 4 Kecamatan

Sabtu, 11 Juni 2022

Dokumentasi Prokopim Setda Inhil

SIBERONE.COM - Bupati Indragiri Hilir (Inhil) HM Wardan membuka langsung 
Acara pembukaan pelatihan sistem pengelolaan keuangan desa (siskeudes) versi 2.0.4.


Adapun kecamatan- kecamatan yang mengikuti pelatihan kecamatan Mandah, kecamatan Gaung, kecamatan Gaung Anak Serka (GAS) dan kecamatan Batang Tuaka. Bertempat di ballroom hotel New Hollywood jalan. Kuantan Raya nomor 120 Pekanbaru. Jum'at (11/6/2022).


Acara pelatihan dibuka langsung oleh bupati Indragiri hilir H. M. Wardan ditandai dengan pengalungan ID Card peserta secara simbolis dan di lanjutkan dengan pemukulan gong


Turut hadir kapolres Inhil, kasi datun  kejaksaan Inhil, kepala DPMD CAPIL provinsi Riau, kadis PMD provinsi Riau, tenaga ahli pendamping P3MD provinsi Riau, Inspektur Inspektorat Inhil, kadis PMD Inhil, faskab DMIJ plus terintegrasi Inhil, camat mandah, Gaung, gaung Anak Serka, Batang Tuaka serta para peserta pelatihan. 


Untuk diketahui Peserta pelatihan  berjumlah 156 orang dari 52 desa 4 kecamatan dari unsur kepala desa, sekretaris desa dan kaur keuangan. Waktu pelaksanaan selama 3 hari dari tanggal 11 s/d 13 juni 2022.


Dalam sambutannya Bupati Indragiri Hilir H. M. Wardan mengatakan mendukung penuh dan mengapresiasi Badan Kerjasama Antar Desa (BKAD) Kecamatan mandah, kecamatan Gaung, Gaung Anak Serka dan Batang Tuaka yang telah menaja pelatihan Siskeudes Versi 2.0.4 Tahun 2022 ini dengan melibatkan para peserta Kepala Desa, Sekretaris Desa dan kaur keuangan.


"Dengan tentunya berharap Pengelolaan keuangan desanya dapat menjalankan tugas dan pungsi nya dengan baik," ungkap Bupati Inhil HM Wardan.


Dikatakan Bupati. Kementerian Dalam Negeri dan BPKP telah menerbitkan aplikasi yang tujuannya dapat mempermudah upaya dalam melakukan. Pengelolaan Keuangan Desa secara transparan, akuntabel, partisipatif serta dilakukan dengan tertib dan disiplin anggaran yang diterapkan di Desa Khususnya.


"Desa Se-Kecamatan mandah, kecamatan Gaung, kecamatan Gaung Anak Serka dan kecamatan Batang Tuaka dan sangat terpenting adalah Aplikasi Siskeudes Versi 2.0.4 ini sejalan dengan Peraturan perundang-undangan, karena merupakan aplikasi resmi yang dikeluarkan oleh BPKP," ujar Bupati


Menurut Bupati. Pergunakan aplikasi ini sebagai sarana mempermudah dalam pengelolaan Keuangan Desa.


"Pada saat ini kita sudah dihadapkan pada era digital, dan kedepan Kementerian Dalam Negeri mengharuskan pengelolaan Keuangan Desa dilaksanakan dengan model online, maka dari itu diperlukan keseriusan peserta dalam pelatihan ini, sebagai upaya memahirkan pengelolaan Keuangan Desa dengan menggunakan aplikasi," tandasnya.


Terakhir dikatakan Bupati, bahwa kegiatan ini merupakan kegiatan yang sangat strategis dan penting dalam rangka meningkatkan kapabilitas dan menyampaikan pemahaman yang bersinggungan langsung dengan Desa. khususnya Desa se Kecamatan Mandah, kecamatan Gaung, kecamatan Gaung Anak Serka dan kecamatan Batang Tuaka.

"Saya berharap aplikasi SISKEUDES Versi 2.0.4 dapat mewujudkan Penertiban adminstrasi desa yang transparan, akuntabilitas dan efektif serta efisien, tertib dan disiplin anggaran," tutup Bupati mengakhiri sambutannya.

Wartawan: Abdullah