Antisipasi Bencana Kebakaran, DPKP Inhil Tetap Siaga di Hari Lebaran

Senin, 02 Mei 2022

 

SIBERONE.COM - Merayakan kemenangan Idul Fitri tidak lepas dengan yang namanya Mudik untuk bersilaturahmi dan bertemu sanak keluarga, namun berbeda dengan Rustam Effendi, Komandan Regu 1B, Dia harus Siaga di hari libur.

Rustam yang sudah 20 tahun lebih bekerja di Dinas Pemadaman Kebakaran dan Penyelamatan (DPKP) Kabupaten Inhil ini, ia sendiri tak mempermasalah hal itu. Baginya, sebagai pekerja lapangan dia harus siap dipanggil kapan pun.

Lebaran Hari Raya Idul Fitri aktifitas masyarakat kian meningkat dalam hal ini perlu diwaspadai akan terjadi kebakaran jika tidak berhati-hati.

Meskipun dihari Libur Lebaran, Pihak DPKP Inhil tetap siap siaga untuk mengantisipasi jika ada bencana kebakaran terjadi.

Komandan Regu 1B Rustam Effendi  mengatakan ancaman kebakaran bisa saja terjadi kapan saja dan dimana saja, sehingga perlu seluruh warga mewaspadai hal ini jangan dianggap remeh.

"Tim DPKP Inhil tidak Mengenal hari libur, karena DPKP Inhil merupakan unsur Pelaksana dari pemerintah yang bertanggung jawab membantu masyarakat dalam penanganan kebakaran," terang Rustam, Senin (02/05/2022).

Rustam Effendi juga menyatakan selain Perketat Kesiapsiagaan dengan penanganan kebakaran, Petugas DPKP Inhil kerap kali juga terlihat dalam sejumlah aksi penyelamatan lain, mulai dari evakuasi penyelamatan korban kecelakaan, bencana alam, evakuasi gawat darurat hingga urusan Satwa Liar.

"Oleh sebab itu, petugas DPKP Inhil harus siaga di pos-posnya masing-masing selama libur Lebaran. Hal ini menurutnya sudah menjadi hal yang biasa bagi petugas DPKP "ucapnya Rustam.

Hal senada diutarakan Kepala DPKP Inhil, Drs H. Eddiwan Shasby MM mengatakan Petugas DPKP Inhil tidak ada libur disaat warga menikmati hari liburnya, siaga 24 jam petugas tetap siaga.

"Personel kita melakukan sif-sifan atau bergantian disaat bertugas dilapangan saat libur, kalau ada laporan warga untuk bantuan, akan ditindaklanjuti, kita selalu siap jika ada kebakaran dihari libur," tuturnya.

Untuk mencegah tidak terjadi Kebakaran disusana lebaran, Drs H.Eddiwan Shasby MM menghimbau warga agar mewaspadai kebakaran disaat aktifitas tinggi jelang lebaran.

"Kami menghimbau kepada masyarakat untuk terus mewaspadai aktifitas yang dapat memicu kebakaran seperti mamakai kompor agar mematikan kompor sebelum ditinggal pergi, begitu juga memakai listrik jangan memakai bercabang akan menyebabkan  kebakaran, dimatikan jika sudah selesai dipakai, bagi warga yang ingin mudik minimal dititip ke tetangga atau RT agar rumah dapat diperhatikan," ucap Kadis DPKP Inhil.

Untuk Diketahui Pelayanan Kebakaran Dan Non Kebakaran Dinas Pemadam kebakaran dan Penyelamatan Kabupaten Inhil Gratis!!
Hubungi Nomor Contack DPKP Inhil ( 0768 244 88) Media Pustin Damkar Inhil.


Wartawan : Ema