Serda E Zalukhu Babinsa Koramil 06/KTM Tegekan kembali Gakplin di Pelabuhan Syahbandar HK

Rabu, 16 Maret 2022

SIBERONE.COM - Serda E Zalukhu Bintara Pembina Desa (Babinsa) Koramil 06/Kateman jajaran Kodim 0314/Inhil, terus melaksanakan penegakan disiplin terpadu (Gakplin) Protokol kesehatan (Prokes) di pelabuhan Syahbandar HK Kelurahan Tagaraja Kecamatan Kateman Kabupaten Indragiri Hilir (Inhil), Rabu (16/3/2022) pukul 08:00 Wib.


Kegiatan pelaksanaan penegakan disiplin terpadu Protokol kesehatan tersebut dilaksanakan oleh Babinsa Koramil 06 Kateman untuk mencegah penyebaran COVID-19 di kecamatan Kateman.


Bersama petugas KPLP Babinsa Koramil 06 Kateman Serda E Zalukhu mengecek suhu tubuh penumpang dan surat keterangan kesehatan dari dinas terkait yang berdatangan maupun berpergian dari pelabuhan Syahbandar HK Kelurahan Tagaraja.


"Hari ini upaya kami untuk mencegah terjadinya penyebaran COVID-19 di kecamatan Kateman terus dilakukan dengan penegakan disiplin terpadu Protokol kesehatan, kepada penumpang speed boat yang berdatangan maupun berpergian di pelabuhan Syahbandar HK," ungkap Serda E Zalukhu kepada awak media.


Dia juga mengatakan bahwa dengan kegiatan penegakan disiplin terpadu Protokol kesehatan, upaya mendeteksi virus COVID-19 penumpang yang berdatangan maupun berpergian, sehingga dapat mencegah penularan virus COVID-19 yang saat ini masih terjadi.


"Saat ini, virus COVID-19 belum berakhir, kalau kita tidak tingkatkan Gakplin Protokol Kesehatan, bisa saja penumpang yang berdatangan mambawa virus COVID-19 kesini, nah daripada itu kita terus berupaya mencegah terjadinya penyebarannya," jelasnya.


Selain itu, Serda E Zalukhu juga memberikan himbauan kepada penumpang speed boat yang berdatangan maupun berpergian, untuk menerapkan Protokol Kesehatan anjuran pemerintah.


"Dengan kita menerapkan Protokol Kesehatan anjuran pemerintah dengan cara 5 M, memakai masker, mencuci tangan dengan sabun, menjaga jarak, hindari kerumunan serta membatasi mobilitas tinggi, sehingga kita bersama-sama dapat memutuskan penyebaran COVID-19," imbuhnya.


Dengan kegiatan tersebut, Babinsa juga memberikan sosialisasi kepada penumpang agar mengikuti vaksinasi baik Dosis I, 2 maupun dosis ke 3 Booster (pelengkap).


"Dengan kita menerima vaksinasi, sehingga kita mempunyai antibodi kekebalan tubuh terhadap virus COVID-19, yang saat ini masih melanda negeri kita yang sama-sama kita cintai, untuk itu ayo kita sama-sama mendukung program pemerintah, dalam memutuskan penyebaran COVID-19 dengan suntik vaksin, dan menerapkan Protokol Kesehatan," cetusnya.


Lebih lanjut dikatakan Serda E Zalukhu dalam penegakan disiplin terpadu Protokol kesehatan di pelabuhan Syahbandar HK, adapun yang didapatkan pada pukul 08:16 wib pengecekan terhadap penumpang kapal Era Mandri dari Guntung, Pulau Burung Tanjung Batu tujuan Batam pengecekan kelengkapan surat dari dinas kesehatan terkait. 


Sambungannya. Dan pukul 09,00 wib pengecekan terhadap penumpang kapal tenggiri dari guntung, Pulau Burung Tanjung Batu tujuan Batam pengecekan kelengkapan.


Terkahir dikatakan Serda E Zalukhu Kegiatan Gakplin dalam antisipasi terhadap penyebaran COVID-19 di pelabuhan Syahbandar HK Kelurahan Tagaraja Kecamatan Kateman, suhu penumpang dalam keadaan normal dan penggunaan Masker hampir semua menggunakan.


"Kegiatan  Gakplin tersebut berakhir dalam aman dan terkendali, kegiatan tersebut berakhir pukul 10:00 WIB," tutupnya.