Masyarakat 17 Desa di Riau dan Kepulauan Riau Kini Dapat Nikmati Listrik Dari PLN

Jumat, 01 Januari 2021

SIBERONE.COM - 1 Desember 2021 – PLN hadirkan listrik bagi 17 desa di Provinsi Riau dan Provinsi Kepulauan Riau. Hal ini menjadi kado bagi masyarakat dalam menyambut tahun baru 2021. Pemerintah daerah apresiasi upaya PLN dalam meningkatkan rasio elektrifikasi di Riau dan Kepulauan Riau.

"Saya ucapkan selamat dan terima kasih serta penghargaan sebesar-besarnya untuk PLN yang telah memberikan listrik untuk desa di Riau. Pada akhir 2020 total desa berlistrik di Riau sudah mencapai 100% sejalan dengan program menuju Riau terang 2020," tutur Wakil Gubernur Riau, Edy Natar Nasution (31/12/2020).

Dirinya menambahkan, peresmian ini dapat menjadi momen strategis untuk masyarakat agar dapat beraktivitas lebih guna meningkatkan perekonomian dan kesejahteraan. 

Senada dengan hal tersebut, Gubernur Kepulauan Riau, Isdianto, turut mengapresiasi PLN dalam penyediaan listrik untuk desa di Kepulauan Riau.
“Semoga infastruktur yang telah dibangun oleh PLN sangat membantu dan bermanfaat bagi masyarakat Kepulauan Riau dalam meningkatkan kesejahteraan serta kedepannya masyarakat dapat menggunakan listrik dengan bijak.” ujar Isdianto.

Adapun, 17 desa yang memperoleh listrik tersebut terdiri dari 11 desa di Provinsi Riau, yaitu Desa Dua Sepakat, Desa Ludai, Desa Batu Sanggan, Desa Tanjung Beringin, Desa Pangkalan Serai, Desa Subayang Jaya, Desa Terusan, Desa Aur Kuning, Desa Pelanduk, Desa Suraya Mandiri, dan  Desa Pulau Ruku serta 6 desa di Provinsi Kepulauan Riau, yaitu Desa Cempa, Desa Tanjung Batu Kecil, Desa Tanjung Hutan, Desa Air Asuk, Desa Liuk dan  Desa Lidi.

“PLN meresmikan 17 desa dan 17 dusun di 2 lokasi sekaligus, di Riau nilai investasi sebesar 90 Miliar dengan potensi 1950 calon pelanggan, sehingga di penghujung tahun rasio elektrifikasi desa berlistrik Riau sudah 100%, sementara untuk Provinsi Kepulauan Riau nilai investasi sebesar 38 Miliar dengan potensi 1800 calon pelanggan, rasio elektrifikas desa berlistrik mencapai 91,35%.” terang General Manager PT PLN Unit Induk Wilayah Riau dan Kepulauan Riau, Dispriansyah.

Dirinya menjelaskan bahwa, secara pasokan listrik PLN sangat siap, cadangan daya sebesar 136 MW, siap melistriki Kepulauan Riau, sementara di Provinsi Riau cadangan daya sebesar 200 MW, dan dalam waktu dekat akan mendapatkan tambahan daya sebesar 200 MW, sehingga pada 2021 cadangan daya di Provinsi Riau sebesar 400 MW. PLN siap mendorong roda perekonomian dan sektor lainnya.

Dalam lima tahun terakhir, Rasio Elektrifikasi (RE) di Provinsi Riau meningkat sebanyak 14,06 % dari sebelumnya 77,53 % hingga saat ini sudah mencapai 91,59 %. Sedangkan Rasio Elektrifikasi Provinsi Kepulauan Riau mengalami peningkatan sebesar 7,39 % dari sebelumnya 90,95% menjadi  98,29%.

Dispriansyah juga mengimbau kepada masyarakat yang desanya telah dialiri listrik untuk menjaga aset kelistrikan yang telah dibangun oleh PLN, salah satunya dengan menjaga jarak pohon lebih dari 3 (tiga) meter agar tidak terjadi gangguan.


*Kontak Person*
Agung Murdifi
Executive Vice President Corporate Communication and CSR PLN
Tlp. 021 7261122
Facs. 021 7227059