Disparporabud Inhil Dipercaya Jadi Tuan Rumah Penyelenggara Rakoor se-Provinsi Riau

Rabu, 03 November 2021

SIBERONE.COM - Dinas Pariwisata, Pemuda, Olahraga, dan Kebudayaan (Disparporabud) dipercayakan menjadi tuan rumah menyelenggarakan rapat koordinasi (Rakor) se-Provinsi Riau, di Aula Hotel Inhil Pratama (IP), Tembilahan, Rabu (3/11/21).

Dalam pelaksanaan Rakoor tersebut dibuka langsung oleh Bupati Indragiri Hilir (Inhil) HM Wardan dan dihadiri Kepala Dinas Pariwisata Provinsi Riau, Kepala Disparporabud Inhil, serta 12 Kepala Dinas Pariwisata Kabupaten/Kota se-Provinsi Riau serta undangan lainnya.

Bupati Inhil HM Wardan menyampaikan selamat datang kepada peserta Rakor Dinas Pariwisata se-Provinsi Riau di Tembilahan. Di bulan November ini Kabupaten Inhil ditunjuk menjadi tuan rumah Rakor Dinas Pariwisata se Provinsi Riau.

"Semoga kegiatan Rakor Pariwisata kali ini dapat berjalan dengan baik dan memberikan dampak positif terhadap perkembangan dunia Pariwisata di Kabupaten Inhil pada khususnya maupun perkembangan Pariwisata di Provinsi Riau pada umumnya," kata Wardan.

Pada kesempatan itu, Bupati juga menyampaikan bahwa Kabupaten Inhil memiliki kekayaan destinasi wisata alam, budaya dan religi yang saat ini terus dikembangkan.

Wisata alam yang dimaksud, diantaranya; Wisata Alam Pantai Solop dengan pasir sersah dan Hutan Mangrove, Pantai Mabloe dengan Pantai Terumbu, Hutan Mangrove dan Danau Mablue tempat migrasi burung dunia, Wisata Alam Air Terjun 86, Air Terjun Tembulun Rusa, Goa Batu Leman, Bukit Berbunga, serta Wisata Alam Bukit Condong dengan Air Terjun Selensen Salak yang dinilai masih asri dari alam.

Untuk itu, melalui Rakor ini, dia berharap kiranya dapat dicari terobosan untuk menjadikan kabupaten/kota se-Provinsi Riau kembali menjadi lokasi prioritas (Lokpri) pembangunan pariwisata Indonesia.

"Dengan terobosan-terobosan, sehingga kita dapat memperoleh dana pemerintah pusat untuk memacu pembangunan pariwisata di Provinsi Riau," tukasnya.

Sementara itu, Kepala Disparporabud Kabupaten Inhil Junaidi, S.Sos MSi dalam sambutannya menuturkan, rapat koordinasi pariwisata ini digelar setiap dua bulan sekali dan dilaksanakan secara bergilir di seluruh Kabupaten/Kota di Provinsi Riau. Untuk hari ini, Kabupaten Inhil yang ditunjuk sebagai tuan rumah.

"Rakor ini rutin digelar dimana sebelumnya dilaksanakan di Kabupaten Isiak, Rokan Hilir, Inhil,dan Rakor selanjutnya akan dilaksanakan Kuantan Singingi," kata Junaidi.

Lebih lanjut Kepala Disparporabud Inhil Junaidi Ismail menyebutkan ada beberapa poin tujuan rakor itu dilaksanakan, mengsingkronkan kegiatan pariwisata antara Kabupaten kota dengan pemerintah provinsi Riau, meningkatkan upaya sektor pariwisata di Kabupaten kota dan se Provinsi Riau, dalam rangka meningkatkan daya saing, daya punggur, ekonomi, terakhir dalam upaya memberikan sektor pariwisata yang mengalami statmasi dalam suasana Covid-19.

"Untuk itu kita sama-sama berharap dengan adanya Rakor ini bisa meningkatkan memberikan informasi yang benar benar kita butuhkan agar bisa menjadi lebih baik," ucapnya.

Sementara itu, Kepala Dinas Pariwisata Provinsi Riau Roni Rakhmat juga menyampaikan hal serupa. Namun disisi lain, kegiatan Rakor Pariwisata ini sebenarnya dilaksanakan secara rutin 2 bulan sekali dengan tujuan untuk saling komunikasi, koordinasi dan juga saling memberikan informasi-informasi terkini.

"Rutin dilaksanakan, untuk saling menginformasikan, seperti dari Kementerian Pariwisata dan bagaimana perkembangan pariwisata di seluruh kabupaten/kota di Provinsi Riau, sehingga bisa bersama-sama berpikir secara luas dan dengan harapan dapat mempromosikan pariwisata di daerah masing-masing," pungkasnya.