Suasana Senja di Bukit Condong Sambil Beribadah

Ahad, 17 Oktober 2021

SIBERONE.COM - Pesona Bukit Condong dan keindahan alamnya kini banyak diminati oleh masyarakat luas baik wisatawan lokal maupun interlokal, yang ingin melihat serta merasakan langsung suasana di sana.

Kepala Dinas Pariwisata, Pemuda, Olahraga, dan Kebudayaan (Disparporabud) kabupaten Indragiri Hilir (Inhil) Junaidy Ismail mengungkapkan kedatangan pengunjung saat ini tidak hanya disajikan alam yang indah, mereka juga akan merasakan suasana religi, yang mana saat ini telah ada tempat ibadah untuk mendekatkan diri kepada tahan Nya.

"Alhamdulillah, saat ini kita sudah menyediakan Mushalla sederhana untuk para pengunjung untuk melaksanakan ibadah," kata Junaidy Ismail, Ahad (17/10/21).

Ia menambahkan pengunjung yang melaksanakan ibadah sholat Maghrib diatas bukit akan merasakan kenyamanan hati di tambah lagi dapat melihat keindahan Matahari Terbenam diatas Bukit Condong.

"Tentun suasana seperti ini jarang kita temui di tempat-tempat lain. Karena tidak hanya keindahan matahari terbenamnya saja yang memanjakan mata, namun suara burung-burung yang tidak kalah indahnya," ungkapnya.

Bukit Condong yang dikelilingi dengan pohon yang berusia ratusan tahun, selain menyimpan keanekaragaman hayati hutan hujan tropis dataran rendah, daerah ini adalah habitat asli satwa liar dilindungi seperrti tapir, siamang (ungko), burung kuau, simpai dan berbagai satwa lain.

Di bukit condong ini juga terdapat sembilan tingkatan (bukit) yang mana sangat jarang ada di daerah lain, ditambah lagi setiap bukitnya terdapat area Camping Ground, Camping ground Bukit Condong sendiri bukan merupakan puncak tertinggi dari kawasan bukit condong.

"Jadi saat kami dari Disparporabud terus melakukan perkembangan tentunya tidak akan merubah bentuk aslinya namun, memoles agar lebih indah," ujarnya.

Bukit ini merupakan bagian dari kawasan Taman Nasional Bukit Tiga Puluh (TNBT) yang terletak di Kelurahan Selensen, Kecamatan Kemuning, Kabupaten Indragiri Hilir-Riau. Kawasan ini berbatasan antara Provinsi Riau dan Jambi. 

Untuk Aksebiltas jalan sudah cukup bagus, Jarak tempuh dari Tembilahan – Kemuning hanya memerlukan waktu selama ±3 jam.

Puncak tertinggi yang dimiliki Bukit Condong berada di ketinggian 450 MDPL (meter diatas permukaan laut , Area Bukit Condong berada dikawasan penyangga inti TNBT yang memiliki keanekaragaman hayati puluhan bukit dan pematang disekitarnya.

Bukit Condong yang memiliki Ratusan hektar hutan alam yang tumbuh di gugusan Buki, terbakar pada tahun 2018-2019 sehingga menyebabkan terjadi penggundulan hingga ke puncak bukit. Akibat kebakaran tersebut menyebabkan kawasan perbukitan menjadi hamparan semak-semak yang membuat lepas mata memandang ke berbagai arah.