Rasakan Sensasi Berbeda dengan Berwisata ke Rawa Gambut di Pulau Cawan

Sabtu, 25 September 2021

SIBERONE.COM - Ingin rasakan pengalaman berbeda, wisata Rawa Gambut di Pulau Cawan sangat direkomendasikan untuk dikunjungi para wisatawan. Tempat ini sedikit berbeda dengan objek wisata yang lain, terutama di wisata-wisata yang ada di Kabupaten Indragiri Hilir (Inhil), Riau.

Serunya, ada tempat perlintasan sepeda yang cukup memacu adrenalin saat melintasi lintasan tersebut. Benar-benar sebuah liburan yang menarik untuk disambangi. Terutama bagi anda penggemar sepeda.

Sesuai dengan namanya, para pengunjung akan diajak melintasi sebuah rawa gambut yang berada di hutan mangrove. Tentunya, pengalaman seru akan didapatkan saat menyusuri pinggiran rawa gambut itu. Tidak kalah asiknya, berbagai rintangan titian kayu juga terdapat di sana.

Kemudian, lintasan sepeda akan dilanjutkan melintasi lima sungai yang berada di Pulau Cawan. Lintasan akan berakhir di Pantai Solop sebagai objek wisata utama di pulau tersebut.

Di bawah rimbunnya pepohonan, serta lembabnya kawasan rawa membuat perjalanan wisata bagi penikmatnya pastinya semakin tidak terlupakan yang selalu ingin kembali mengunjungi.

Sebagaimana diketahui, Pulau Cawan ini merupakan pulau yang penuh dengan objek wisata alam, seperti pantai solop, hutan mangrove, hingga rawa gambut.

Pemerintah Kabupaten (Pemkab) melalui Dinas Pariwisata, Pemuda dan Olahraga, dan Kebudayaan Kabupaten Indragiri Hilir (Inhil), Provinsi Riau sejak dulu sudah melakukan mengembangkan potensi ekowisata di Pulau Cawan dengan berbagai kegiatan, salah satunya adalah wisata bersepeda Jelajah Ekowisata Solop (JES).

Momen JES kala itu bisa diikuti lebih dari 100 peserta. Pastinya sebelum pandemi Covid-19 mewabah di negeri ini.

Biasanya, para pesepeda yang ikut pada kegiatan ini ditantang untuk menaklukkan lintasan dataran rawa gambut sepanjang 12 kilometer di kawasan Ekowisata Pulau Cawan, Kecamatan Mandah, Kabupaten Indragiri Hilir.

Para peserta itu biasanya datang dan berasal dari berbagai komunitas sepeda di luar Kabupaten Indragiri Hilir, seperti dari Pekanbaru, Kuantan Singingi (Kuansing), Kampar, Pelalawan dan Indragiri Hulu.

Dalam ajang bersepeda wisata, para pesepeda juga ditantang menguji nyali menyusuri rimbunnya hutan mangrove, memacu adrenalin menyeberangi titian kayu yang melintasi lima buah anak sungai, berpacu melintasi pasir pantai menuju garis akhir di objek wisata Pantai Solop.