Usai Ziarah, KSAL Kunjungi Markas Lanal Tegal

Ahad, 03 Oktober 2021

SIBERONE.COM - Pemandangan lain terlihat di Markas Komando Angkatan Laut Tegal (Mako Lanal Tegal), Minggu (3/10/2021). Mako di Jl. Proklamasi Kota Tegal itu bertabur bintang.  Pasalnya Kepala Staf Angkatan Laut (KSAL) Laksamana Yudo Margono bersama rombongan melakukan kunjungan ke Mako Lanal Tegal.

Sebelum melaksanakan kunjungan ke Mako Lanal Tegal, Rombongan  melaksanakan ziarah makam di Taman Makam Bumi Wanasamudera Monumen Tugu Perjuangan ALRI / CA.lV. Kalibakung Kecamatan Balapulang Kabupaten Tegal, yang merupakan makam pejuang ALRI CA4 dan para syuhada.

Kegiatan tersebut dilaksanakan dalam rangka memperingati Hari Ulang Tahun (HUT) ke-76 Tentara Nasional Indonesia (TNI) yang jatuh pada tanggal 5 Oktober 2021 mendatang.

Menyambut rombongan Markas Besar Angkatan Laut, hadir dalam kesempatan tersebut, Wali Kota Tegal, H. Dedy Yon Supriyono bersama Forum Komunikasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) Kota Tegal dan Kabupaten Tegal.

Seperti diketahui, Kota Tegal dan Kabupaten Tegal memiliki ikatan dengan Angkatan Laut. Kota Tegal dan Kabupaten Tegal merupakan daerah kelahiran Corp Armada (CA) Angkatan Laut Republik Indonesia (ALRI) Pangkalan IV dan lahirnya TNI AL.

Di makam di TMP Kalibakung banyak pejuang TNI AL beserta para ulama yang pada saat penjajahan tahun 1945 ikut berjuang membela negara dimakamkan.

Selain menziarahi Taman Makam Pahlawan di Kalibakung, TNI AL juga melaksanakan ziarah dan tabur bunga di empat lokasi lainnya yaitu Pemalang, Pekalongan, Batang, dan Kuningan. (HS)