Aswaja Center Brebes Bangun KIC 2

Jumat, 24 September 2021

SIBERONE.COM - Majelis Taklim Aswaja Center kembali membangun Kanzul Ilmi Center (KIC) 2 di Desa Kaliwadas, Kecamatan Bumiayu, Brebes. Pembangunan KIC 2 sudah dimulai sejak 19 September 2021 lalu ditandai dengan doa bersama dan peletakan batu pertama. Pembangunan KIC 2 merupakan pengembangan KIC yang sudah berdiri sejak 2018 di Jalan Raya Dukuhturi, Bumiayu, Brebes.

Demikian disampaikan pendiri KIC yang juga Wakil Ketua Lembaga Dakwah Nahdlatul Ulama (LDNU) Wilayah Jawa Tengah Dr KH Ahmad Najib Afandi MA, kepada NU Online, Jumat (24/9/2021).

Gus Najib, demikian sapaan akrabnya, menjelaskan KIC telah menjadi daya tarik masyarakat dari empat kecamatan di wilayah Brebes selatan yakni Kecamatan Bumiayu, Tonjong, Sirampog dan Paguyangan.

Dia menceritakan, kalau pembangunan KIC 1 dan 2 sebagai bukti takdzimnya kepada sang guru yaitu masayikh Lirboyo yang telah memerintahkan agar membangun pesantren secara mandiri. Ia juga menceritakan sebab kemauannya yang kuat dalam berdakwah dikalangan masyarakat kampung, desa-desa, bukan di kampus atau kota besar.

Banyak orang pinter dan alim tidak mau berdakwah di kampung hanya karena tidak ada fasilitas mewah dan tidak terkenal. Padahal, justru lebih nyaman dan lebih berhasil mengajar masyarakat bawah, daripada mendidik mahasiswa di kampus. Karena itulah, dia selalu menolak tawaran mengajar di kampus luar kota meskipun lulusan S3 luar negeri, Maroko. 

Dan yang paling penting alasan Gus Najib berdakwah di kampung adalah banyaknya pengajian dan majelis ilmu di desa-desa yang hanya mengajarkan fadilah-fadilah atau keutaman ibadah dan aurad. Belum menyentuh persoalan fiqh, yang justru menjadi bahan kajian khas pengajain di kanzul ilmi.

Dia membeberkan, pengajian rutin KIC dilaksanakan setiap Ahad pagi jam 07.00 -09.00 kitab fiqh dan tafsir. Untuk hari Senin malam jam 19.00–21.30 Tasawuf/Minhajul Abidin, setiap malam Jumat Legi kitab Adab Al Alim wa Al mutallim. 

“Sedangkan pengajian Al Qur’an yang diasuh oleh Hhimpunan Alumni dan Santri Lirboyo (Himasal) Brebes selatan, dilaksanakan setiap Sabtu, Senin dan Kamis jam 16.00.

Camat Bumiayu Eko Purwanto menyambut baik pengembangan KIC 2 dan sangat membanggakan karena berfungsi dakwah di Brebes wilayah selatan. Juga mampu membantu program pemerintah seperti penanggulangan kenakalan remaja seperti pornografi, narkoba dan HIV/Aids dan lain-lain.

Dengan melebarkan sayapnya, lanjut Eko, KIC akan mampu berdakwah yang santun dan damai dengan audiens yang lebih banyak lagi. Dia berdoa semoga akan lahir KIC 3, 4, 5 dan seterusnya.

Ketua panitia pembangunan, Drs Najib Sulaiman menjelaskan, pembangunan KIC 2 ditopang warga masyarakat setempat secara kompak dengan budaya gotong-royong. Mulai dari, komsumsi, sarana prasarana dan lain-lain ditanggung masyarakat sekitar. 

“Ini bukti kekompakkan dan rasa senangnya masyarakat menyambut pembangunan kanzul ilmi center di desanya,” pungkasnya. (HS)