Bio Farma Produksi Vaksin Covid-19 Tanpa Efek Samping

Selasa, 28 Juli 2020

 

SIBERONE COM – Penelitian vaksin COVID-19 Sinovac dari Tiongkok yang dilakukan di Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Bio Farma Kota Bandung, Jawa Barat tengah memasuki tahap sterilisasi menjelang uji klinis fase tiga atau uji coba terhadap relawan. Bahkan, vaksin ini diyakini tidak mempunyai efek samping.

"Sebelum dilakukam uji klinis tahap tiga, dilakukan dulu uji laboratorium sekarang posisi saat ini sedang dilakukan uji lab terkait sterilitasnya dan lain sebagainya," ujar Head of Corporate Communication Bio Farma, Iwan Setiawan, Selasa 28 Juli 2020.

Iwan menerangkan, rencananya penelitian uji coba terhadap relawan dilaksanakan Agustus. "Untuk uji klinisnya akan kita lakukan Agustus jadi posisi sekarang masih ada di lab Bio Farma untuk uji mikro," ujarnya.

Iwan menambahkan, penelitian pada tahap ini pihaknya berupaya memastikan tingkat efektivitas kinerja virus meningkatkan kualitas pertahanan tubuh dari paparan virus Corona atau COVID-19.

"Untuk melihat efektifnya vaksin itu apakah mempunyai daya anti body protektif tidak terhadap orang. Jadi untuk efek samping dan lain sebagainya sudah terlewati," katanya.

Sebelumnya, Bio Farma mempersiapkan uji klinis tahap 3 untuk penanganan virus corona atau COVID-19 dengan menerima vaksin dari Sinovac Tiongkok sebanyak 2,400 unit vaksin. Rencananya, uji klinis tahap 3 ini akan dimulai pada Agustus 2020.

Direktur Utama Bio Farma, Honesti Basyir menjelaskan, uji klinis vaksin COVID-19 direncanakan berlangsung selama enam bulan hingga 2021 dengan target 250 juta dosis.

“Apabila uji klinis vaksin Covid-19 tahap 3 lancar maka Bio Farma akan memproduksinya pada Q1 2021 mendatang, dan kami sudah mempersiapkan fasilitas produksinya di Bio Farma, dengan kapasitas produksi maksimal di 250 juta dosis”, ujar Honesti dalam keterangan resminya, Senin, 20 Juli 2020.

Honesti menambahkan, alasan pemilihan Sinovac sebagai mitra adalah platform vaksin / metode pembuatan vaksin yang digunakan oleh Sinovac, sama dengan kompetensi yang dimiliki oleh Bio Farma saat ini. Dengan metode inaktivasi tersebut, Bio Farma sudah memiliki pengalaman dalam pembuatan vaksin seperti vaksin Pertusis.

Sumber: Viva.co.id