Bupati Inhil Resmikan Kampung Tangguh Nusantara

Kamis, 09 Juli 2020

Foto Bupati Inhil HM. Wardan bersama forkopimda

SIBERONE.COM - Gerakan jaga kampung Tangguh Nusantara yang  diselenggarakan di kecamatan Tembilahan Hulu diresmikan Bupati Inhil, Kamis (09/07/2020).


Kegiatan yang digagas oleh Polres Inhil tersebut  dihadiri wakil Bupati, Ketua DPRD, Dandim 0314/Inhil, Kapolres, Kejari ketua Pengadilan Negeri ketua Pengadilan Agama, Kadis Kominfo, Camat Tembilahan Hulu, Kapolsek Tembilahan Hulu.


Dalam sambutannya,  Bupati HM. Wardan mengucapkan terimakasih atas terselenggaranya kampung tangguh Nusantara. Bupati juga  berharap seluruh desa dan kecamatan se Kabupaten Indragiri Hilir agar mencontoh jaga kampung yang ada di perumnas parit 3  Kecamatan Tembilahan Hulu ini.

Pada kesempatan itu Bupati juga menabur  20.000 benih ikan dan meninjau lokasi lahan tanaman Palawija serta ternak bebek petelur.


Bupati berharap program ini agar terus berlangsung dan jangan putus sampai disini kepada kelompok tani yang di gagas Polres Indragiri Hilir.


Disamping itu Bupati Kelapa ini berpesan  kepada masyarakat agar memanfatkan tanah yang kosong agar bisa di memfaatkan untuk bercocok tanam. "Jangan kita berpangku dengan satu komoditas seperti kelapa saja, masih banyak tanah kosong di sela tanaman lain  yang masih bisa kita garap untuk mendapatkan hasil seperti yang ada di kampung Tangguh Nusantara ini," ujarnya. 


Bupati menghimbau  kepada masyarakat dalam new normal ini bukan kembali seperti dulu lagi, namun harus mengikuti tatanan hidup now normal. "Harus menggunakan masker apabila sedang di luar rumah, dan menjaga jarak, rajin-rajin  mencuci tangan, berpola hidup yang sehat," sebutnya.


Selanjutnya, sambutan Kapolres Inhil menuturkan jaga kampung Tangguh Nusantara ini berbagai kegiatan yang dilaksanakan seperti menabur 20.000 benih ikan, menanam sayuran seperti sawi, bayam, cabe, terong, dan jagung, serta memelihara ternak bebek petelur 100, ekor.

Terakhir kapolres merasa bangga kepada masyarakat  Kampung Tangguh Nusantara sudah yang mau turun membersihkan lahan dan  bahu-membahu untuk tercapainya tujuan yang  diinginkan.


Dandim 0314/Inhil dalam sambutan mengatakan Alhamdulillah hari ini kita meresmikan Kampung Tangguh Nusantara kalau kita memulai dari bawah dari kampung agar kuat sampai ke tingkat kabupaten.


Dengan ada nya cara menggarap lahan  dengan pola kampung tangguh agar masyarakat tau dengan cara membuka lahan dengan tidak dibakar agar tidak menjadi karhutla.
 

Harapan Dandim kepada kampung-kampung yang ada di kabupaten Indragiri Hilir agar mencontoh kampung Tangguh yang ada di parit 3 perumnas kecamatan Tembilahan Hulu.